Jum'at, 26 April 2019
Follow:
 
Ini Impian Besar BJ Habibie untuk Bangsa Indonesia

alfi | Nasional
Sabtu, 30/07/2016 | 19:30:02 WIB
Jakarta, LIPO-Mantan presiden RI ke-3 BJ Habibie memiliki impian besar untuk bangsa Indonesia. Salah satu yang menjadi impian besar tersebut adalah bangsa Indonesia ini maju di bidang industri strategis.

Hadirnya industri strategis saat itu memang tidak lepas dari program beasiswa Habibie saat itu, yang dimulai pada 1982 hingga 1992. Hal ini disampaikan putra sulung mantan Presiden BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie di Rapat Umum Anggota Ikatan Alumni Program Beasiswa Habibie (IABIE) di Jakarta, Sabtu (30/7).

Walaupun saat ini ada program beasiswa pendidikan dari pemerintah, seperti LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dari Kementerian Keuangan, namun menurutnya pola beasiswa berbeda dengan beasiswa Habibie dulu.

"Beasiswa LPDP saat ini tidak ada keterikatan, orang yang dapat beasiswa dia bisa ngapain aja setelah itu. Itu ada bagusnya, juga ada tidak bagusnya. Bagusnya setelah penerima beasiswa LPDP bisa fleksibel," kata dia, Sabtu (30/7).

Tapi kalau beasiswa Habibie dahulu, menurutnya penerima beasiswa pulang ke Indonesia sudah menjadi bagian dari masterplan pembangunan Indonesia. Mereka sudah tahu mau ditaruh dimana. "Dahulu sebagian besar penerima beasiswa Habibie saat itu difokuskan pada tenaga-tenaga teknis di industri strategis," ujarnya.

Sehingga hasilnya bisa dirasakan dengan hadirnya berbagai industri besar dan strategis kini. Walaupun saat ini berbagai industri strategis masih tetap ada, namun kondisinya masih belum berkembang seperti harapan besar Pak Habibie.

Karena itu ia berharap pemerintah bisa mewujudkan kembali cita-cita besar Pak Habibie melalui program beasiswa bagi pengembangan industri strategis. Karena ia meyakini bagaimanapun industri strategislah yang mampu menciptakan lapangan kerja lebih besar dan berkualitas, memberi nilai tambah jauh lebih tinggi dari hanya sekedar industri jasa dan komoditas.(lipo*3/rol)

 




Berita Lainnya :
 
  • Peringati Hari Autis Sedunia, FKO-ABK Inhil Akan Gelar Seminar dan Pentas Seni
  • Kodim 0314/Inhil Serahkan Kunci Bedah Rumah Karya Bakti di Desa Sungai Luar
  • Hari Otonomi Daerah XXIII, Wagubri Ajak Masyarakat Kawal Otonomi Daerah
  • Jadi Tersangka, Dirut PLN Sofyan Basir Dinonaktifkan
  • Kalah dari Man City, Peluang MU untuk Lolos ke Liga Champions Masih Terbuka
  • Kunker ke Kodim 0314/Inhil, Danrem 031/WB Beri Arahan ke Prajurit
  • Pasca Pemilu, Situasi Tetap Aman dan Kondusif, Sekda Bengkalis Ucapkan Terima kasih Kepada Semua Pi
  • Pantau Pelaksanaan Ujian Nasional di Sejumlah Sekolah, Ini Harapan Bupati Mursini
  • PSU dan PSL Digelar Serentak di Riau, KPPS Diberi Honor Lagi
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index