Rabu, 16 Oktober 2019
Follow:
 
238 CJH Rohul Dibekali Materi Pelaksanaan Haji

beye | Nasional
Senin, 01/08/2016 | 20:28:54 WIB
Rohul (Lipo)-Sebanyak 238 jemaah calon haji (JCH) Rohul mengikuti manasik haji tingkat kabupaten yang ditaja Kementrian Agama (Kemenag) Rohul di Masjid Agung Nasional Islamic Center, Rohul (1/8/2016).

Manasik yang dilaksanakan selama dua hari itu dikuti Jamaah Calon Haji (JCH) dari 16 kecamatan. Pada hari pertama jamaah diberi pembekalan materi tentang pelaksanaan haji dan hari kedua melakukan manasik haji.

Dalam acara ini Kepala Kemenag Rohul menghimbau kepada jamaah agar tidak membawa barang berlebihan dan diharapkan bisa membawa pakaian seperlunya saja.

"Karena niat ke tanah suci adalah untuk menunaikan ibadah sehingga dengan demikian jamaah haji bisa khusuk dalam melaksanakan ibadah tanpa di sibuk kan dengan barang bawaan yang dibawa nanti, " ujar Ahmad Supardi.

Ia menambahkan, manasik haji tingkat kabupaten merupakan manasik haji terakhir yang diikuti oleh jamaah sebelum diberangkatkan pada 14 Agustus nanti ke embarkasi Batam.

Ahmad Supardi menyatakan, dalam pelaksanaan praktek pelaksanaan manasik haji pada Selasa (2/8/2016) satu persatu jamaah calon haji akan dicek petugas dari Kementrian Agama, antara lain cara pemakaian baju ihram, tawaf, sa,i dan seluruh kegiatan  yang dilakukan dalam melaksanakan ibadah haji nanti.

Terkait dua jamaah calon haji yang menderita penyakit kriteria dalam Permenkes RI tahun 2016 tentang isthitoah jamaah haji, Kemenag Rohul belum bisa memastikannya.

Karena masih menunggu perkembangan kesehatan kedua jamaah tersebut hingga 12 hari kedepan jelang keberangkatan pada 14 agustus nanti.

"Kita belum bisa memastikan, tapi untuk 12 hari kedepan kita lihat perkembangan kesehatan jamaah ini dan semoga saja jelang keberangkatan nanti jamaah ini bisa sembuh. Dan untuk hal lainnya harus diputuskan oleh dinas kesehatan pada hari H nanti melalui surat resmi, " jelas Ahmad Supardi

Kepala Bagian Kesra Setda Rohul H.Anisbar dalam sambutannya saat pembukaan acara mengatakan, ibadah haji merupakan kewajiban semua umat muslim bagi yang mampu.

H.Anisbar juga menghimbau seluruh jamaah calon haji untuk dapat selalu menjaga kesehatan fisik karena selain beribadah kesehatan fisik juga merupakan prioritas utama dalam melaksanakan ibadah haji.

"Seluruh jamaah calon haji ini saya harap kan bisa mengikuti manasik haji  kabupaten ini, dan jangan lupa untuk mendo, akan negeri rokan hulu agar lebih baik lagi kedepNnya dan terhindar dari segala musibah, " harap H.Anisbar

H.Anisbar menambahkan untuk tahun 2016 ini dalam pelaksanan keberangkatan jamaah haji rokan hulu, sebagai bentuk perhatian pemerintah kabupaten membantu untuk keberangakatan domestik dengan sharing dana sebanyak RP. 430.000.000,-. (Lipo*18)



Berita Lainnya :
 
  • Bupati Siak Pimpin Dialog Forkopimda dengan Civitas Perguruan Tinggi Kab Siak
  • Temu Ramah Dengan Wartawan Kuansing, Kapolres Minta Dukungan Awak Media
  • Pemkab Inhil Gelar Coffee Morning Bersama Forkopimda dan Pers
  • Kepala Balai Bahasa Riau: PP Nomor 63 Tahun 2019 Harus Terus Disosialisasikan
  • LAM Riau Ajak Masyarakat Amankan Pelantikan Presiden dan Wapres
  • Wagubri Buka Lokakarya Pengelolaan Pesisir Terpadu
  • Pemprov Riau Jalin Kerja Sama dengan Pohang Techno Park Korea Selatan
  • Buka International Dragon Boat Festival 2019, Gubri Berharap Jadi Agenda Tahunan Riau
  • Diminta Kepala Bekraf, Gubri Presentasikan Ekonomi Kreatif di Jakarta
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index