Selasa, 20 November 2018
Follow:
 
Bagi Yang Ikut CPNS 2018, Ini Ambang Batas Nilai SKD dan SKB Agar Lulus

alfi | Nasional
Senin, 10/09/2018 | 12:37:53 WIB
JAKARTA, LIPO - Pendaftaran tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 bakal dibuka secara daring atau online pada 19 September mendatang.

Sistem pendaftaran itu dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional Badan Kepegawaian Negara via https://sscn.bkn.go.id.

Selanjutnya proses seleksi CPNS 2018 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), lalu dilanjutkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) harus dilalui oleh pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seperti tahun lalu, pelaksanaan SKD CPNS tahun 2018 ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dan kelulusan menggunakan nilai ambang batas (passing grade)," ujar Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmadja dikutip dari situs Sekretariat Kabinet RI, Senin (10/9).

Ia mengatakan, dalam seleksi CPNS 2018, nilai SKD memiliki bobot 40 persen sementara SKB bobotnya 60 persen.

Untuk SKD, sambung Setiawan, peserta harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

TKW adalah alat ukur untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

"Ini mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar," ujar Setiawan.

Kemudian TIU untuk menilai intelegensia peserta seleksi dalam kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, peserta SKD harus melampaui nilai ambang batas (passing grade).

"Passing grade bagi peserta SKD dari kelompok pelamar jalur umum sama seperti tahun lalu, yakni 143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK," ujar Setiawan.

Passing Grade itu, sambung Setiawan, seperti diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018.(lipo*3/rmc)





Berita Lainnya :
 
  • Empat Anggota PAW DPRD Pekanbaru Resmi Dilantik
  • DPRD Inhil Dukung Penuh Program Pemkab Bidang Pertanian dan Perkebunan Kelapa
  • Puluhan Massa APMI Datangi Gedung DPRD Inhil, Ini Tuntutannya
  • Jika Pusat Tak Turun Tangan, Pemko Pekanbaru akan Perbaiki Drainase di Jalan Sudirman
  • Syukuran di Kuansing, Syamsuar: Ini Rumah Bersejarah Bagi Kami
  • Naik 7,4 Persen, Pemko Pekanbaru Tetapkan UMK 2019 Rp2,762 Juta
  • Komisioner Petahana KPU Bengkalis Tidak Lulus Administrasi
  • Empat Orang Tewas Akibat Tabrakan Maut Antara Truk CPO dengan Mobil Travel di Jalan Lintas Duri
  • Tembilahan Hulu Ditetapkan Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-49 Tingkat Kabupaten Inhil 2019
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index