Sabtu, 19 Januari 2019
Follow:
 
11 Kepala Daerah Ikut Deklarasi Dukung Capres, Ini Kata Ombudsman

alfi | Politik
Sabtu, 20/10/2018 | 06:34:38 WIB
PEKANBARU, LIPO - Bawaslu Riau hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap dugaan ikut sertanya 11 kepala daerah pada kegiatan deklarasi salah satu paslon capres. Pada kegiatan itu juga, kepala daerah tersebut ikut menandatangani deklarasi dukungan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ombudsman RI sebelumnya sudah menyampaikan imbauan kepada penyelenggara negara, termasuk kepala daerah, untuk menjaga netralitas dalam bertugas. Melalui Ombudsman Perwakilan Riau, kepala daerah juga diminta untuk tidak menyatakan dukungan secara terbuka sebelum mengajukan cuti dari jabatannya.

"Kepala daerah juga harus cuti atau mengundurkan diri dari jabatan selama masa kampanye atau terlibat dalam tim kampanye. Ombudsman mendukung Bawaslu menjalankan kewenangannya dalam mengawasi," kata Kepala Ombudsman Perwakilan Riau, Ahmad Fitri pada Jumat (19/10/2018).

Ahmad juga mengatakan kepala daerah tidak boleh menggunakan kewenangannya untuk menggerakkan, memaksa atau mempengaruhi ASN untuk mendukung salah satu paslon.

"Termasuk juga menggunakan fasilitas negara seperti kendaraan, gedung, dan fasilitas lainnya saat terlibat dalam kepentingan kampanye," sebutnya.

"Kepala daerah juga harus memastikan penyelenggaran pelayanan publik tetap berjalan baik selama proses pemilu," tegas Ahmad.

Untuk dugaan pelanggaran saat deklarasi itu sendiri, Ahmad mengatakan bahwa sepenuhnya menjadi kewenangan Bawaslu. Ombudsman Perwakilan Riau dan Bawaslu Riau sebelumnya juga sudah melakukan komunikasi terkait diselenggarakannya pemilu.

Sebagai mana diketahui, Bawaslu Riau akan meminta masukan dari Ombudsman terkait pemeriksaan deklarasi Projo pekan lalu yang diikuti oleh 11 kepala daerah di Riau.

Bawaslu juga sudah sudah memanggil kepala daerah namun hingga hari baru satu kepala daerah yang memenuhi panggilan Bawaslu.(lipo*3/ckp)




Berita Lainnya :
 
  • Jusuf Kalla Ungkap Alasan Pemerintah Bebaskan Abu Bakar Baasyir
  • Penyebar Hoaks Ijazah Jokowi Palsu Ditangkap Polisi
  • Pemkab Kuansing Jajaki Kerjasama dengan Balai Industri Padang
  • Dinilai Tak Memuaskan Publik, KPU Tak Lagi Beri Kisi-kisi pada Debat Pilpres Kedua
  • Hasil Audiensi Pemkab ke Kemenristek Dikti RI, Inhil Akan Dijadikan Kluster Kelapa Nasional
  • PWI Riau Undang Gubri dan Sekdaprov Hadiri HPN 2019 di Surabaya
  • Dampingi Program Maghrib Mengaji, Babinsa Koramil 07/Reteh Ajarkan Ngaji dan Shalat
  • Bhabinkamtibmas Sialang Panjang dan Komunitas Generasi 2000 Berbagi Inhil Bedah Rumah Nenek Asiah
  • Penista Agama Islam di Bengkalis Ditangkap Polisi
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index