Sabtu, 16 Februari 2019
Follow:
 
MUI Apresiasi ‘Reuni 212’ Berlangsung Damai

alfi | Nasional
Senin, 03/12/2018 | 11:33:34 WIB
JAKARTA, LIPO - Aksi Reuni 212 mendapat apresiasi dari beragam kalangan, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. Wakil Ketua Umum MUI, Prof Yunahar Ilyas mengaku bersyukur acara tersebut berlangsung dengan cukup baik.

Menurutnya, penyelenggaraan Reuni 212 dapat menjadi salah satu contoh ideal karena ketertiban pesertanya, meski berjumlah jutaan jiwa dan dari penjuru daerah. “Alhamdulillah, Reuni 212 berjalan dengan damai, aman, dan tertib. Berkumpulnya jutaan umat sebanyak itu menunjukkan umat Islam memang rindu kebersamaan, suasana guyub, penuh persaudaraan,” ujar Yunahar Ilyas saat dihubungi dari Jakarta, Ahad (2/12).

Lebih lanjut, ulama kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat, itu memandang Aksi 212 sebagai suatu arena yang di dalamnya kaum Muslimin menunjukkan ukhuwah di atas keberagaman. Oleh karena itu, pihaknya mengaku senang melihat fenomena demikian. Dia juga menepis isu bahwa Reuni 212 berpotensi mengganggu stabilitas negara. Antara keislaman dan kebangsaan bukan untuk dibentur-benturkan.

“Persatuan umat memperkokoh kesatuan nasional. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan kebersamaan,” tegas Yunahar, yang kini sedang beraktivitas di Medan, Sumatra Utara.

Aksi Reuni 212 terlaksana dengan kehadiran jutaan massa di sekitar Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Ahad (2/12). Sebagian massa telah hadir sejak Sabtu (1/12) tengah malam. Seperti tampak pada namanya, mereka kali ini menggelar serangkaian acara nostalgia akbar, mengenang aksi serupa dua tahun silam.

Para peserta aksi Reuni 212 sempat mendoakan secara bersama-sama keselamatan bagi Indonesia. Mereka juga berharap agar negeri ini memeroleh seorang pemimpin yang meneladani keempat sifat Rasulullah SAW, yakni amanah, sidiq, fathonah dan tabligh.

Para ulama, tokoh agama dan masyarakat berada dalam satu panggung di antara politikus dan ulama. Beberapa figur publik yang datang, antara lain, Prabowo Subianto, Amien Rais, dan Hidayat Nur Wahid.

Ketua MPR RI Zukifli Hasan (kedua kiri) bersama Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (tengah) dan Dewan Penasehat PAN M Amien Rais (kanan) menghadiri reuni aksi 212 di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Ahad, (2/12).

Massa juga sempat melantunkan lagu ‘Kisah Sang Rasul’ yang digubah tokoh FPI, Habib Rizieq Shihab. Ketika lagu tersebut dikumandangkan, sebagian mereka mengangkat bendera Merah Putih dan bendera tauhid.

Menjelang maghrib, massa mulai meninggalkan lokasi acara dengan tertib. Banyak di antaranya yang terlibat dalam menjaga kebersihan lokasi, sehingga tidak membiarkan sampah bertebaran di mana-mana.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • Saat Rapat KOPEK, Bupati Inhil Nyatakan Komit Cari Solusi Problema Harga Kelapa
  • Pemprov Bantah Informasi Soal Surat Kawat Pengangkatan Pj Gubri dari Mendagri
  • Bantuan CSR Bank Riau Kepri, Masjid Raya Annur Riau Miliki 2.500 M2 Karpet Sajadah Baru
  • Daerah Pesisir Riau Mulai Dikepung Titik Api
  • Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah, Wako Firdaus: Akan Percepat Program Strategis Pemerinta
  • Diduga Aniaya Pesepakbola U-17, Polisi Usut Oknum Wasit
  • Tak Dapat Izin Jenguk Vanessa Angel, Ini Yang Dilakukan Kekasihnya
  • Flyover Baru Diresmikan, Simpang SKA Malah Macet, Ini Penyebabnya
  • Wabup Halim Wakili Kuansing Apel Tiga Pilar di RTH Rengat
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index