Senin, 22 Juli 2019
Follow:
 
Bupati Inhil Pimpin Rapat Penyelesaian Somasi Kredit Poktan Dengan BNI

Elfi | Inderagiri Hilir
Rabu, 20/02/2019 | 19:38:03 WIB
TEMBILAHAN, LIPO - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memimpin penyelesaian somasi kredit Kelompok Tani (Poktan) RSTM dan GHS II oleh PT BNI di 3 Kecamatan, Rabu 20 Februari 2019.

Kegiatan yang ditaja oleh Ketua Komisi I dan Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Inhil di Aula Lantai 5 Kantor Bupati, Jalan Akasia Tembilahan ini mengikutsertakan kelompok tani RSTM dan GHS II Kecamatan Teluk Belengkong, Pulau Burung dan Pelangiran.

Rapat tersebut mengagendakan pembahasan tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani penggarap lahan hutan melalui Program Perhutanan Sosial yang digagas oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang mengalami kendala pembayaran atau menunggak.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Cabang BNI Tembilahan, Kepala BPN Inhil serta pihak Kelompok Tani RSTM dan GHS II Kecamatan Pulau Burung, Teluk Belengkong dan Pelangiran.

Bupati Inhil, HM Wardan mengharapkan, pembayaran potongan angsuran sebesar 5 persen per panen. Selain itu, Bupati berharap mekanisme pembayaran dapat dilakukan melalui pengurus KUD kemudian petani membuka rekening di bank.

"Kami juga berharap, bagi para petani yang sudah melunasi kreditnya dapat diterbitkan sertifikatnya dan diserahkan sebagai pemilik terakhir dengan jaminan pemerintah desa," pungkas Bupati.

Setelah mekanisme itu selesai, Bupati menyarankan dilakukannya pendataan terhadap kebun yang tidak lagi produktif atau terbakar namun besaran angsuran kreditnya melebihi hasil panen dari petani.

"Hal seperti itu diharapkan agar dapat dipertimbangkan lagi tentang angsurannya biar bisa direkomendasikan untuk mendapatkan dispensasi," imbau Bupati.

Bupati memberikan apresiasi atas penyelenggaraan rapat tersebut. Bupati mengatakan, rapat yang diselenggarakan merupakan sarana untuk pemerintah memfasilitasi segala urusan yang berkenaan dengan penyaluran kredit perkebunan masyarakat.

"Inilah salah satu tugas kami. Kita telah memfasilitasi beberapa dokumen yang sudah ada tembusannya dari Saya. Secara umum, tugas dari pimpinan itu untuk kepentingan masyarakat yang memiliki tujuan akhir sebagaimana Visi dan Misi Inhil, yang salah satunya perbaikan ekonomi masyarakat," pungkas Bupati.

Kedepan, Bupati menuturkan, segala persoalan yang muncul dan melibatkan kedua belah dapat diselesaikan secara baik-baik melalui 'meja perundingan'.

"Saya sangat mengharapkan kita semua sama-sama mencarikan solusi terbaik. Saya yakin dan percaya ketika ada masalah sebesar apapun, jika kita masih duduk bersama kita dapat menyelesaikannya," tukas Bupati.(adv/Diskominfops/lipo*7)



Berita Lainnya :
 
  • Kejari Inhu Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Makan & Minum MTQ Tahun 2017
  • DKP Inhil Gelar FGD Peningkatan Ekonomi Produktif Pelaku Usaha Perikanan
  • Ini Cara Meredakan Sakit Lutut Saat Tidur
  • MK Hentikan 14 Perkara Sengketa Pileg 2019, Satu dari Riau
  • Meriahkan Hari Bhakti Adhyaksa ke-59, Bupati Inhil Ikuti Jalan Santai
  • Bupati Inhil Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Kayu Jati
  • MUI Riau Setuju Tes Narkoba Jadi Syarat Menikah
  • Lepas 303 JCH Kuansing Berangkat ke Tanah Suci, Ini Pesan Wabup Halim
  • Diikuti 211 Peserta MA, MTS dan MI, Kemenag Buka KSM Tingkat Kabupaten Bengkalis
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index