Senin, 17 Juni 2019
Follow:
 
Santri Kini Bisa Daftar Jadi Taruna Polisi

alfi | Nasional
Kamis, 14/03/2019 | 10:56:16 WIB
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Pendidikan Islam mengapresiasi syarat baru yang dikeluarkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terkait penerimaan taruna polisi. Sejak tahun ajaran 2019, Polri diketahui mulai menerima lulusan santri.

Informasi itu disebutkan dalam situs resmi penerimaan Polri. Pada butir ketiga dalam keterangan persyaratan khusus itu disebutkan, "Bagi pendaftar dari pendidikan diniyah formal (PDF) dan satuan pendidikan muadalah (PDM) pada pondok pesantren, (diharuskan) memiliki nilai kelulusan rata-rata hasil imtihan wathoni (Ujian Standar Nasional) atau ujian akhir muadalah, dengan nilai akhir kelulusan rata-rata 70,00."

Polisi Ungkap Kasus Narkoba Jaringan Riau-Jakarta-Bandung Polisi Khawatirkan Ledakan Susulan di Sibolga Aher: Santri Harus Berperan Tentukan Pemimpin

"Ini adalah buah dari sejumlah pertemuan dan pembahasan antara para pimpinan dari institusi Kepolisian, Kementerian Agama dan para tokoh pimpinan pesantren. Tentu, kebijakan ini sangat positif dan patut disyukuri dan diapresiasi," kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Ditjen Pendidikan Islam, Ahmad Zayadi dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Kamis (14/3).

Menurut dia, kini peluang terbuka bagi para santri untuk menjadi taruna-taruna kepolisian. Momentum ini, bagi dia, sekaligus menjadi instrumen mobilitas sosial-vertikal kaum santri. Artinya, santri dapat berkiprah di macam-macam bidang kehidupan, bukan hanya kembali ke pesantren.

Sementara itu, Kementerian Agama pada tahun ini akan kembali menggelar Imtihan Wathani atau ujian akhir berstandar nasional untuk satuan pendidikan diniyah formal (PDF). Seluruh peserta berjumlah 1.180 orang santri jenjang aliyah (setingkat SMA). Mereka akan ikut Imtihan Wathani pada 18-20 Maret 2019.

ā€œUntuk para santri, persiapkan yang terbaik. Jika berminat dan memenuhi syarat, setelah lulus nanti bisa daftar sebagai Taruna Polri,ā€ ujar Ahmad Zayadi.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • Merasa Tak Puas, "Sikat Monli" Akan Unjuk Rasa Di Depan Polres Inhu Dan Kejaksaan Negeri Rengat
  • Isu Mutasi dan Rotasi Jajaran Pemkab Inhil, Bupati : Itu Hal Yang Biasa, Tunggu Saja
  • Milad ke-54 Inhil, Wabup SU Lepas Peserta Funbike
  • Besok, PWI Riau Gelar Halal Bihalal, Sekaligus Umumkan LKJ
  • Diduga Karena Sisa Api Memasak Nasi, Satu Unit Rumah di Desa Temeran Bengkalis Hangus Terbakar
  • Balapan Liar, Delapan Unit Sepeda Motor Diamankan Polsek Mandau Bengkalis
  • NIG Ekpose Aplikasi Digital Desa Pintar, Bupati Berharap Aplikasi Ini Terintegrasi dengan Pemkab
  • Masuk Gugatan di MK, KPU Inhu Buka Kotak Suara Dapil Inhu-Kuansing
  • Ini Sanksi yang Akan Dikenakan kepada 508 ASN Pemprov Riau
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index