Rabu, 27 Maret 2019
Follow:
 
Kemenag Rohul: Lima Fungsi dan Peranan Strategis Masjid

beye | Bandar Serai
Jumat, 22/04/2016 | 10:49:17 WIB
ROKAN HULU (Lipo)-Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, mengatakan, bahwa Masjid bagi umat Islam bukan hanya berfungsi sebagai tempat melaksanakan ibadah sholat dan berzikir kepada Allah SWT semata, tetapi masjid memiliki fungsi dan peranan strategis lainnya dalam pembangunan dan pemberdayaan umat secara keseluruhan, Jumat (22/4/2016).

Dikatakannya, Masjid setidaknya memiliki lima fungsi dan peranan strategis, yakni: Pertama, sebagai tempat melaksanakan ibadah sholat dan berzikir kepada Allah SWT, dalam rangka mendekatkan diri kepadaNya, sehingga umat Islam senantiasa dekat ataupun taqarrub kepada Allah dalam setiap waktunya.

Kedua, sebagai simbol bagi umat islam, termasuk kemajuan dan kesejahteraan umatnya. Jika sebuah masjid berdiri kukuh, megah, dan indah, maka hal itu menandakan bahwa umat Islam di sekitarnya memiliki kesejahteraan yang tinggi dan kecerdasan yang mumpuni.

Ketiga, sebagai pusat kegiatan umat islam, dimana semua kegiatan umat, baik yang berskala kabupaten, Prov Riau, dan bahkan nasional ataupun internasional, dapat dilaksanakan di masjid, apalagi masjidnya besar seperti MAMIC Rohul, dimana kapasitasnya mampu menampung 15 ribu jamaah untuk sholat, 2 ribu untuk seminar dan pertemuan, ditambah lagi tempat bermain bagiu anak.

Keempat, sebagai pusat pembinaan persatuan umat sehingga persatuan dan kesatuan umat dengan jalinan ukhuwah islamiyah dapat dijalin dengan harmonis, dinamis dan penuh kasih sayang. Masjid memberikan dorongan dan motivasi untuk selalu bersatu padu dalam membangun kekuatan umat.

Kelima, sebagai sumber kesejahteraan rakyat, dimana dengan kehadiran Masjid yang megah, mampu melahirkan sumberdaya alam (SDA) secara melimpah, seperti minyak bumi dan lain sebagainya. Hal ini dapat dilihat dari realitas dalam masyarakat, ternyata wilayah yang SDAnya melimpah hampir seluruhnya adalah dunia Islam.

Ahmad Supardi Hasaibuan yang alumni Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Sumatera Utara ini, lebih lanjut mengatakan, Kelima fungsi dan peran penting lagi strategis ini, harus dapat diejawantahkan oleh pengurus dan Imam Masjid, sehingga Masjid memiliki magnit tersendiri bagi umatnya.

Magnit-magnit masjid ini harus dapat diciptakan oleh umat Islam, sehingga secara otomatis umat Islam akan datang berduyun-duyun ke masjid, karena umat mendapatkan sesuatu yang berharga bagi dirinya, keluarganya, dan bahkan masyarakatnya, akibatnya masjid akan penuh dan ramai. (Lipo*11)







Berita Lainnya :
 
  • Bersama Pihak Terkait, Sejumlah Anggota DPRD Riau Tahan Truk CPO PT Adei
  • Disdukcpil Kuansing Segera Cetak 10.650 Keping E-KTP
  • Pemkab Inhil Terima CSR dari Bank Riau Kepri
  • Fenomena Caleg dan Capres Jelang Pileg dan Pilpres
  • Bupati Inhil Lantik Pengurus TP-PKK dan Kukuhkan Pengurus K3S Periode 2018-2023
  • Dandim 0314/Inhil Komit Tingkatkan Silaturrahmi Dengan Seluruh Elemen Masyarakat
  • Pelantikan Tunggu SK Mendagri, Asri Auzar Resmi Gantikan Noviwaldi Jusman
  • Pengawas TPS Pucuk Rantau Diharapkan Bersikap Netral dan Tidak Arogan
  • Hadiri Malam Puncak HPN Riau 2019, DPRD Kuansing Apresiasi Kinerja PWI
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index