Selasa, 12 November 2019
Follow:
 
Finalis Duta Bahasa Provinsi Riau Gelar "Bakti Bahasa"

beye | Bandar Serai
Senin, 06/06/2016 | 14:05:51 WIB
Finalis Duta Bahasa Provinsi Riau 2016 ketika memberikan pertanyaan dengan salah satu warga mengenai istilah baku dalam Bahasa Indonesia/Ist

TERKAIT:
PEKANBARU (Lipo)-Ratusan pengunjung Car Free Day (CFD) Jalan Diponegoro tampak terkesima mendengarkan merdunya alunan syair yang dibawakan oleh para pemuda dan pemudi yang menggunakan selempang bertuliskan Finalis Duta Bahasa Provinsi Riau 2016. Penampilan tadarus syair ini merupakan sebagian dari rangkaian acara "Bakti Bahasa" yang diselenggarakan oleh para finalis dan Balai Bahasa Provinsi Riau, Minggu (5/6).

Dengan diawali dengan senam bersama, para finalis juga mengadakan pawai serta pembukaan donasi buku. 

Selain itu, para finalis juga mengedukasi para pengunjung CFD dengan membagikan stiker serta memberikan kuis seputar isitilah dan  penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Para pengunjung juga diajak ikut serta menandatangani deklarasi Cinta Bahasa Indonesia.

Ketua pelaksana, M Isfajrian Fadly mengatakan bahwa kegiatan Bakti Bahasa ini merupakan bentuk kepedulian Duta Bahasa dan Balai Bahasa Provinsi Riau dalam menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap Bahasa Indonesia. 

Selanjutnya ia mengatakan bahwa kegiatan ini juga berkenaan dengan menumbuhkan budaya literasi melalui kegemaran membaca kepada masyarakat Riau.

"Aksi Bakti Bahasa ini diselenggarakan oleh seluruh finalis Duta Bahasa 2016 bersama para pemenang Duta Bahasa 2015 dengan melaksanakan serangkaian kegiatan yang sangat istimewa. Semoga kegiatan ini mampu memberi dampak positif bagi generasi muda untuk selalu mengutamakan Bahasa Indonesia" ujar finalis yang kerap disapa Fadhel ini.

Salah satu pengunjung CFD, Nurhayati, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh para finalis ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan terutama ke siswa SMP dan SMA.

"Saya salut dengan kegiatan ini, terutama setelah menerima stiker dari finalis ini, ternyata selama ini saya menggunakan Bahasa Indonesia yang tidak baku. Semoga acara ini terus dilaksanakan, terutama dengan sasaran anak sekolah yang masih perlu mendapat informasi dan materi mengenai kebahasaan," ujar Nurhayati.

Panitia Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Riau, Dessy Wahyuni menyatakan sangat bangga dengan semangat Duta Bahasa untuk mewujudkan kegiatan Bakti Bahasa ini, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sukses dan diharapkan mampu mengembalikan fungsi dan peran bahasa sebagai jati diri bangsa.

"Kami sangat terharu dan bangga atas inisiatif kawan-kawan Duta Bahasa sehingga Bakti Bahasa dapat terwujud. Dengan adanya kegiatan yang positif ini, secara perlahan telah mengimbau masyarakat untuk mencintai bahasa Indonesia serta bangga menggunakannya. Jika kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan, kami yakin kawula muda Indonesia akan bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara kontekstual, tanpa memusuhi bahasa asing, serta tidak pula melupakan bahasa daerah," ungkap peneliti muda bidang sastra Balai Bahasa Provinsi Riau ini.

Acara Bakti Bahasa merupakan bagian dari rangkaian pemilihan Duta Bahasa Provinsi Riau 2016, dimana saat ini 40 finalis telah terpilih dan tengah bersiap untuk mengikuti tahap final yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang. Setiap tahunnya, Balai Bahasa Provinsi Riau mengirim Pemenang I Duta Bahasa untuk mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional. (Lipo*2)




Berita Lainnya :
 
  • Pemkab Siak Taja Temu Bisnis Kawasan Industri
  • Dari Militer ke Politik, Jendral Bintang Dua Ikut Penjaringan di PPP Inhu
  • Kunjungi Sekretariat DPC LBDH Tembilahan, Ini Pesan Wabup SU
  • Serahkan Perahu dan Alat Tangkap, Bupati Wardan Ingatkan Nelayan tak Perjualbelikan Bantuan
  • Sempena Hari Pahlawan, Andi Putra: Jadilah Pahlawan Masa Kini
  • Bakesbangpol Inhu Berikan Sosialisasi Pemilu Pada Pemilih Pemula Tahun 2019
  • Hingga 14 November SK Sekdaprov Belum Keluar, Masa Jabatan Ahmad Syah Diperpanjang
  • Novel Baswedan akan Laporkan Balik Dewi Tanjung
  • Kadisperindag: Pedagang di TPS Hos Cokroaminoto Dipindahkan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index