Kamis, 20 Februari 2020
Follow:
 
Kapal Si Jaguar Tenaga Surya UI Harumkan Indonesia di Dunia

beye | Bandar Serai
Rabu, 13/07/2016 | 13:50:46 WIB
Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik UI memeriksa mesin Kapal Plat Datar hasil inovasi mereka/Antara/Indrianto Eko Suwarso
TERKAIT:
DEPOK (Lipo)-Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Solar Boat Team (SBT) sukses mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Kapal Si Jagur atau Jaya Satria Garuda yang bertenaga surya ini berhasil meraih peringkat kedua di Asia dan ke-15 di dunia dalam ajang kompetisi Internasional Dutch Solar Challenge 2016 di Belanda pada 30 Juni hingga 9 Juli lalu.

Ketua SBT UI Pradhana Sadhu menerangkan, sebanyak 35 tim yang berasal dari 14 negara telah mengikuti ajang akbar itu. Negara seperti Belanda, Belgia, Brazil, Turki, Polandia, China dan Hungaria ini sukses saling berkompetisi dalam rangka menciptakan sebuah transportasi laut bertenaga surya.

Kapal Si Jagur sendiri mengusung konsep sumber energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan. "Dengan menggunakan tenaga matahari sebagai penggerak kapal," kata Pradhana melalui keterangan resminya, Selasa (12/7). 

Kapal ini juga dianggap unik karena desainnya terinspirasi dari kapal khas Indonesia yaitu cukung yang memiliki konsep trimaran atau kapal dengan tiga lambung yang saling terhubung. Menurut di, trimaran ini mampu membuat kapal lebih stabil, bermanuver baik, luas bidang basah lebih kecil serta lebih cepat.

SBT UI telah mengikuti seleksi kompetisi mulai dari merancang hingga merakit sendiri solar boat melalui delapan tahapan seleksi. Saat berada di Belanda pun, dia melanjutkan, Si Jagur juga harus melalui sejumlah tes sebelum melaju bertanding.

Beberapa di antaranya, seperti swimming and inspection test yang kemudian dilanjutkan dengan parade solar boat menyusuri kanal-kanal Amsterdam. Selanjutnya, kapal bertanding dengan menggunakan penilaian yaitu sprint, challenge, time trial, top speed, dan endurance.

Sebagai informasi, kapal dengan panjang enam meter serta berat 25 kilogram ini menggunakan bahan composite fiber pada badan kapal. Kemudian memanfaatkan solar panel 260 WP sehingga mampu mencapai efisiensi solar panel sebanyak 20 persen. Proses brainstorm dan desain dilakukan selama enam bulan sedangkan perakitan kapal memakan waktu selama satu bulan.

Tim SBT UI merupakan 14 mahasiswa multidisiplin keilmuan teknik yang terdiri atas Pradhana Sadhu, Rizka Yulianti, Hafizha Mulyasih, Sigit Yoga, Andika Aldi dan Sandy Sugandhy. Selanjutnya,  Aufa Yusuf, Dendi Nurachman, M. Hanafi Lubis,  Didit Andika, Ryan Dwi,  Danurwendo, Aldy Syarihadin dan Yusro Fahmi. (Lipo*2/Rol)





Berita Lainnya :
 
  • Aksi Demo Aliansi Masyarakat Bengkalis Diragukan, ini Bantahan Korlapnya
  • Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba Lari Fun Run di Kota Dumai
  • Terpilih Tiga Periode, Kades M Akhir Lumban Gaol Gelar Syukuran
  • Sikapi Persoalan Sekolah di Riau, Ini Kata Pemerhati Pendidikan
  • KPU Sebut 159 Paslon Berpotensi Maju Pilkada Jalur Perseorangan
  • Organisasi Pers Tolak Dua Pasal dalam RUU Omnibus Law Cipta Kerja
  • Ditemukan Warga, BBKSDA Riau Evakuasi Dua Anak Kucing Hutan
  • Irenne Moningka Terima Penghargaan dari YKAKI
  • Ini Manfaat Sarapan Kentang Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Penyakit Jantung
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index