Kamis, 23 Januari 2020
Follow:
 
Serapan Anggaran Rendah
Pemkab Dinilai Tak Ada Niat untuk Membangun Inhil

albert | Inderagiri Hilir
Sabtu, 06/08/2016 | 16:49:36 WIB
Tembilahan, LIPO-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) dinilai tidak tegas dan terkesan tidak ada niat untuk membangun daerah.

Penilaian tersebut disampaikan Anggota DPRD Inhil dari Komisi III, Zulbahri terkait dengan masih rendahnya progres dan realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016, seperti di Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA).

"Tidak ada ketegasan pemerintah atau tidak ada niat baik membangun daerah. Padahal, masyarakat sudah menunggu-nunggu," kata Zulbahri saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau hearing bersama DBMSDA di ruang rapat Komisi III Gedung DPRD, Jalan HR Soebrantas Tembilahan, kemarin.

Diakui politisi Partai Nasdem Inhil ini, dirinya sampai tidak sanggup lagi untuk bertemu dan menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan masyarakat, khususnya tentang belum berjalannya kegiatan dan program pembangunan daerah.

"Pemda dan DPRD itu berdampingan. Kalau ada masalah yang terjadi di Pemerintahan, tentu kita juga akan ditanyakan oleh masyarakat. Sementara kondisi di lapangan kita tidak tahu betul, karena SKPD juga tidak banyak berkoordinasi," terangnya.

Untuk itu, Zulbahri berharap agar persoalan tersebut segera diselesaikan oleh Pemkab Inhil melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, sehingga kondisi ini tidak berlarut-larut dan akhirnya menghambat pembangunan daerah.

Untuk diketahui, hingga memasuki bulan kedua pada triwulan ketiga tahun anggaran 2016 ini, progres dan realisasi APBD di DBMSDA masih terbilang sangat rendah dan jauh dari harapan.

Dimana, dalam penjelasan Plt Kepala DBMSDA, Rudiansyah diketahui bahwa serapan anggara baru mencapai sekitar 1,250 persen untuk fisik dan 0,548 persen keuangan.

Rendahnya progres tersebut, menurut Asisten II Setda Inhil ini, dikarenakan belum dipastikannya apa saja yang termasuk dalam pengurangan anggaran 35 persen untuk setiap SKPD.

"Saya yakin, kalau tidak ada kendala Bulan Agustus ini akan meningkat cukup tajam, karena ada beberapa kegiatan sudah diumumkan pemenangnya, seperti 8 paket pekerjaan yang akhir-akhir ini cukup menjadi sorotan," terang Rudiansyah saat itu.(adv/lipo*7)



Berita Lainnya :
 
  • Atasi Tumpang Tindih Lahan, Abdul Wahid Minta BIG Percepat Pemetaan Tata Ruang Nasional
  • Imigrasi Akhirnya Akui Harun Masiku di Tanah Air
  • Camat Sentajo Raya Hadiri Peresmian Serta Lauching BumDes Sumber Berkah
  • KPU Kuansing Sudah Terima Berkas Calon PPK Sebanyak 252 Orang
  • Oknum Anggota Satpol PP Inhu ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kepemilikan Sabu
  • Ketua DPRD Pekanbaru Pertanyakan Kompetensi PT. SPP Kelola KIT
  • Buka Sosialisasi PTSL di Sabak Auh, Ini Arahan Bupati Alfedri
  • Bupati Alfedri Lantik 5 Penghulu Kampung di Siak
  • Kaban Penghubung Jalin Komunikasi dengan DPR RI Asal Riau
  •  
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index