Rabu, 20 Februari 2019
Follow:
 
Pemadaman Listrik Meresahkan, Dewan Inhil Hearing PLN

albert | Inderagiri Hilir
Kamis, 11/08/2016 | 09:28:35 WIB
Tembilahan, LIPO-Menyikapi banyaknya pengaduan dan keluhan masyarakat terkait kondisi pemadaman listrik yang makin parah sejak dua pekan belakangan ini, Komisi III DPRD Kabupaten Inhil memanggil jajaran managemen PLN Area Rengat, Rayon Tembilahan dan Rayon Kuala Enok ke Gedung DPRD guna meminta penjelasan, Rabu (10/8/2016).

Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau hearing yang dipimpin langsung Ketua Komisi III DPRD, Iwan Taruna didampingi para anggota ini, dihadiri oleh Asisten Manager Pembangkit PLN Area Rengat, Arif, Manager PLN Rayon Tembilahan, Syaeful Hanan, Manager PLN Rayon Kuala Enok, Tedi beserta jajaran.

Ketua Komisi III DPRD Inhil, Iwan Taruna mengatakan, jika melihat kondisi pemadaman listrik akhir-akhir ini, sepertinya PLN Rayon Tembilahan dan PLN Rayon Kuala Enok mengalami devisit daya. Namun, kita belum tahu apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

"Sekarang sering terjadi pemadaman bergilir, mendadak dan bahkan pemadaman total. Kondisi ini sudah meresahkan masyarakat, makanya kita panggil managemen PLN agar memberikan penjelasan tentang apa yang terjadi dan permasalahan yang dialami di lapangan," tutur Iwan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala PLN Rayon Tembilahan, Syaeful Hanan mengakui bahwa memang dalam 2 minggu belakangan ini PLN mengalami gangguan pada 4 unit mesin, sehingga kehilangan daya sekitar 3 MW lebih.

"Dengan devisit daya sebesar itu, kita terpaksa melakukan pemadaman bergilir," terang Syaeful.

Selain gangguan pada mesin, lanjut Syaeful, pemadaman listrik bergilir atau mendadak yang sering dilakukan oleh pihak PLN, juga dikarenakan kondisi cuaca yang cukup panas akhir-akhir ini, sehingga mempengaruhi kemampuan mesin pembangkit.

"Saat cuaca panas, kemampuan mesin kita berkurang, sedangkan pemakaian pelanggan meningkat," tambahnya.

Kendati demikian, pihaknya menurut Syaeful, terus berupaya semaksimal mungkin melakukan perbaikan terhadap mesin yang rusak. Ini dibuktikan dengan akan kembali beroperasinya mesin-mesin tersebut sekitar dua atau tiga hari lagi.

"Sebenarnya, hari ini sudah mulai ada mesin yang masuk sistem dan sisanya berkemungkinan besok atau lusa," kata Syaeful.

Sementara itu, Manager PLN Rayon Kuala Enok, Tedi menjelaskan bahwa saat ini di wilayah kerjanya juga sedang melakukan pemadaman bergilir, dengan dirasi 2:1 (2 malam menyala dan 1 malam padam), dikarenakan adanya gangguan suplai listrik dari PLN Lirik.

"Untuk mengatasi ini, kita ada mesin yang relokasi dari Pulau Kijang, dan sekarang lagi diusahakan agar segera masuk sistem," imbuhnya.(adv/lipo*7)







Berita Lainnya :
 
  • Bupati Inhil Pimpin Rapat Penyelesaian Somasi Kredit Poktan Dengan BNI
  • Bupati Inhil Ungkap Keprihatinan Atas Kebakaran di Sungai Guntung
  • Riau Dapat Hibah Pembangunan Asrama Haji Tiga Blok
  • Hujan akan Mengguyur Riau, Masyarakat Diminta Waspada
  • Presiden Jokowi Resmi Lantik Syamsuar-Edy Natar Jadi Gubri dan Wagubri Periode 2019-2024
  • KPU: Jumlah Caleg Mantan Napi Korupsi Capai 72 Orang
  • Ani Yudhoyono Sudah Mulai Aktif Berkomunikasi
  • Fenomena Ustaz Abdul Somad Dibahas di Universitas Australia
  • BMKG Ingatkan Warga Riau Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang
  •  
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index