Minggu, 21 Oktober 2018
Follow:
 
Digagas Diskominfops, Bupati Inhil Resmikan Peluncuran Sistem Inpas

Elfi | Inderagiri Hilir
Senin, 16/07/2018 | 21:11:05 WIB
TEMBILAHAN, LIPO - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meresmikan peluncuran sistem Informasi Pemerintah dan Masyarakat (Inpas) yang digagas Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Diskominfops), Senin (16/7/2018) malam.


Sistem Inpas yang merupakan aplikasi berbasis android ini, hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi seputar Kabupaten Inhil.


Aplikasi Inpas yang juga adalah sebuah terobosan dari Diskominfops Inhil ini dengan pola city smart yang diadopsi bisa didapatkan dengan mengunduhnya langsung di Play Store atau App Store.


Pada acara peluncuran malam itu, Bupati dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Sistem Inpas menjadi solusi atas keterbatasan akses informasi yang dihadapi saat ini.


"Kita patut mengapresiasi terobosan yang diciptakan Diskominfo. Sistem Inpas mempermudah masyarakat memperoleh informasi seputar Kabupaten Inhil, khususnya tentang Pemerintah Daerah," tukas Bupati di lapangan Kantor Bupati, Jalan Akasia Tembilahan.


Bupati menjelaskan, sebagaimana diketahui, kehadiran Sistem Inpas juga ditujukan sebagai bentuk implementasi Undang - undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).


"Dengan diberlakukannya UU KIP itu, kehadiran sistem Inpas memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Diskominfo. Akses Informasi tentang Inhil dan Pemerintah Kabupaten merupakan hak masyarakat," papar Bupati.


Sementara itu, Kepala Diskominfops Inhil melalui Kepala Bidang P4KSDKI, Trio Beni Putra mengatakan, Sistem Inpas tidak hanya menjadi sebuah instrumen untuk menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat, tetapi juga menjadi sarana untuk masyarakat menyampaikan informasi kepada pemerintah.


"Ada pertukaran informasi. Pelibatan masyarakat kita masukkan dalam mekanisme Sistem Inpas ini. Jadi, masyarakat tidak hanya mengakses, tapi juga bisa memberikan informasi. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan sistem Inpas," jelasnya.


Trio Beni Putra mengatakan, dengan pola city smart yang diadopsi dan karakteristik Fleksibel serta modern, secara teknis diyakini sistem Inpas akan mudah untuk dipahami penggunaannya.


"Lahirnya sistem Inpas diharapakan mampu mengakomodir seluruh kebutuhan informasi bagi masyarakat kedepannya. Apalagi, kami (Diskominfops, red) adalah PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) utama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil," tandas Inisiator Sistem Inpas itu.


Untuk diketahui, acara peluncuran Sistem Inpas ini dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan nonton bareng laga final Piala Dunia 2018, Prancis melawan Kroasia bersama Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan.


Hadir dalam acara peluncuran, Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin dan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil, serta pengurus organisasi pers dan ribuan masyarakat. (Advetorial/lipo*7)




Berita Lainnya :
 
  • Axis Pop-Up Station Hadir untuk Mewadahi Anak Muda Kreatif di Pekanbaru
  • Warga Teluk Pinang Dihebohkan Penemuan Mayat Tergantung di Pohon Kelapa
  • Perdana, Atlet Anggar Inhil Sabet 4 Mendali di Kejurprov
  • 11 Kepala Daerah Ikut Deklarasi Dukung Capres, Ini Kata Ombudsman
  • 9.411 Pelamar CPNS Pekanbaru, Ini Formasi yang Minim Pendaftar
  • Bupati Bengkalis Hadiri Gelar TTG di Bali
  • Ikuti Kegiatan Teknologi Tepat Guna, Stand Bengkalis Pamer Berbagai Teknologi
  • Besok, Sepeda Nusantara 2018 di Pekanbaru akan Diikuti Ribuan Pegowes
  • Tunggakan Premi BPJS Kesehatan Pekanbaru Telah Mencapai Rp112 Miliar
  •  
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index