Selasa, 19 November 2019
Follow:
 
Bersaing dengan 1000 pelajar dari 100 Negara di Dunia
Arya Bisma Nugraha Raih Mendali Emas di Even Geo-Math-Competition UNICEF

elfi | Siak
Rabu, 16/10/2019 | 11:36:23 WIB
SIAK, LIPO-Arya Bisma Nugraha, siswa kelas X asal MAN Insan Cendekia Tualang Kabupaten Siak berhasil meraih medali emas dalam iven International Geo-Math-Competition yang dilaksanakan Tanggal 8-12 Oktober 2019 lalu di Helsinki, Finlandia. Dalam kejuaraan itu, Arya bersaing sangat ketat dengan 1000 pelajar peserta kompetisi internasional dari 100 negara di dunia. 

“Geo-Math-Competition 2019 ini adalah iven perdana yang diselenggarakan oleh UNICEF dalam rangka sidang majelis umum PBB ke-74, yang bertajuk Quality Education & Climate Change. Kompetisi ini diikuti oleh 100 negara yang mengirimkan 4 siswa terbaiknya” kata Alfianri, Guru MAN IC Siak, tempat Arya menimba ilmu. 

Alfianri menjelaskan, kompetisi G-Math-C yang diikuti anak didiknya ini dilaksanakan di Finlandia, yang dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Terdapat 10 babak dalam kompetisi ini, yakni 5 babak tes teori, 3 babak interview, dan 2 babak field trip. 

“Sistem yang diterakan adalah sistem gugur. Bagi peserta yang tidak mencapai passing grade yang telah ditetapkan otomatis gugur dan tidak bisa mengikuti babak selanjutnya. Dari hasil seleksi semua babak ini, akan dipilih 30 peserta dgn nilai tertinggi sebagai Champion, dengan jumlah medalinya, yakni 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu” rincinya.


Guru bidang studi fisika ini juga bercerita, tahun ini ada 4 siswa yang menjadi delegasi Indonesia dalam iven G Math C, ini yang berasal dari 4 sekolah berbeda, yaitu MAN Insan Cendekia Siak, SMAN 8 Jakarta, SMAN 2 Tangerang Selatan, dan SMAN 3 Semarang. 

“Dari babak tes teori, interview, dan field trip, hanya Arya yang lolos sampai babak 10 bersama peserta dari negara Amerika, Finlandia, Rumania, Polandia, Jepang, Vietnam, Inggris, Jerman, dan Hungaria, lalu mereka dinyatakan sebagai Champion” kisahnya.

Setelah tahapan itu kata Alfianri, Arya yang jebolan SMPN 1 Tualang itu keluar sebagai peraih medali emas 1, dan di ikuti oleh peserta utusan dari Jerman, Finlandia, Amerika, dan Inggris.
 
Rasa haru dan bangga juga disampaikan oleh Kepala MAN Insan Cendekia Siak Hayatirruh secara khusus ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada para guru yang telah membimbing Arya dengan baik, sehingga mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. 

"Alhamdulillah, kami segenap keluarga besar MAN IC Siak sangat bangga dengan prestasi siswa kami. Sejak MAN IC ini berdiri pada tahun 2015 lalu, pencapaian ini adalah prestasi tingkat Internasional perdana yang berhasil diraih oleh siswa MAN IC Siak. Terimakasih kepada para guru atas segala supportnya, sehingga anak didik kita Arya mampu mengharumkan nama bangsa ditingkat dunia. Semoga kedepan siswa MAN IC Siak yang lain juga bisa mengikuti jejak Arya untuk go Internasional" sebutnya. (lipo*11)



Berita Lainnya :
 
  • Sejak 14 Oktober, 46.620 Unit Kendaraan Manfaatkan Penghapusan Denda Pajak
  • Hingga Triwulan Ketiga November 2019, Investasi di Pekanbaru Capai Rp1,25 T
  • Fahri Hamzah Tagih Utang PKS Rp30 Miliar
  • TNI Rehab Rumah Warga, Ibu Sumarni Warga Rumbai Tak Kuasa Menahan Haru
  • Temu Kangen Alumni PPMI Assalaam Berjalan Sukses
  • Gubri Syamsuar: Ini Merupakan Pendalaman Tugas DPRD
  • M Taufiq dan M Ihsan Albanjari Wakili Inhil di Kejurnas Bulutangkis
  • Telkomsel Raih Penghargaan World Branding Awards 2019-2020
  • Daftar ke PPP, R Haryono Gandeng Khairizal di Pilkada Inhu?
  •  
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index