Acara Mandi Balimau Kasai di Muara Lembu Kecamatan Singingi, yang dilaksanakan setiap tahun menjelang masuknya puasa Ramadha " />
Sabtu, 19 Januari 2019
Follow:
 
H.Mursini: Acara Balimau Kasai Diharapkan Jadi Even Pariwisata Kuansing

Elfi | Kuantan Singingi
Rabu, 16/05/2018 | 22:07:13 WIB
Muara Lembu, LIPO - Acara Mandi Balimau Kasai di Muara Lembu Kecamatan Singingi, yang dilaksanakan setiap tahun menjelang masuknya puasa Ramadhan diharapkan bisa menjadi objek wisata andalan bagi Kabupaten Kuantan Singingi.

Hal itu diungkapkan Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si ketika menghadiri acara mandi balimau kasai di tepian sungai Singingi Kelurahan Muara Lembu, Rabu (16/5).

Dikatakan H.Mursini Acara Mandi Balimau Kasai Muara Lembu sama hal nya dengan even pacu jalur atau parahu baganduang di Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik, kegiatan mandi balimau kasai di Muara Lembu ini juga ramai dikunjungi masyarakat. Apalagi kegiatan ini ditambah dengan kegiatan olahraga motor cross sehingga mampu menyedot pengunjung hingga ratusan bahkan ribuan orang.

Bupati H. Mursini menghimbau semua pihak untuk menjaga suasana mandi balimau kasai di Muara Lembu ini agar berjalan dengan nyaman, Bupati Mursini mengharapkan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan sungai sehingga air tidak menjadi tercemar dan keruh saat masyarakat mandi di sungai dan melakukan aktivitas mandi balimau kasai.

"Saya meminta masyarakat untuk menjaga keasrian dan kebersihan sungai terutama dari rusaknya lingkungan akibat adanya penebangan liar dan penambangan liar yang berdampak terhadap kebersihan dan kejernihan air sungai. Apalagi dampaknya bagi anak cucu tidak berimbang dengan hasil yang diperoleh dari aktivitas pengrusakan lingkungan tersebut," sebut Bupati Mursini.

Dikesempatan itu, Bupati Mursini menyampaikan permohonan maaf atas nama keluarga dan pemerintah Kabupaten Kuansing  kepada seluruh masyarakat khususnya Muara Lembu dan Kecamatan Singingi dan Kuansing umumnya, karena esok harinya sudah memasuki bulan suci ramadhan.

Usai pembukaan balimau kasai, Bupati dan rombongan menuju tepi sungai Singingi untuk melaksanakan ritual balimau kasai dengan cara memandikan beberapa orang anak laki-laki dengan cara menyiramkan air kebagian kepala dan tubuh anak-anak tersebut. Selepas itu Bupati dan rombongan melanjutkan melepas olahraga motor cross yang lokasinya juga ditepi Sungai Singingi Muara Lembu dekat dengan acara balimau kasai.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati H.Halim, Kapolres AKBP. Fibri Karpiananto, SH.S.IK, dan beberapa orang kepala OPD seperti Marwan, S.Pd, Irwandi, Burhanuddin, Kabag Humas dan Protokoler Drs. Muradi, M.Si, dan Kabag Umum M.Saleh.(LIPO*14).




Berita Lainnya :
 
  • Jusuf Kalla Ungkap Alasan Pemerintah Bebaskan Abu Bakar Baasyir
  • Penyebar Hoaks Ijazah Jokowi Palsu Ditangkap Polisi
  • Pemkab Kuansing Jajaki Kerjasama dengan Balai Industri Padang
  • Dinilai Tak Memuaskan Publik, KPU Tak Lagi Beri Kisi-kisi pada Debat Pilpres Kedua
  • Hasil Audiensi Pemkab ke Kemenristek Dikti RI, Inhil Akan Dijadikan Kluster Kelapa Nasional
  • PWI Riau Undang Gubri dan Sekdaprov Hadiri HPN 2019 di Surabaya
  • Dampingi Program Maghrib Mengaji, Babinsa Koramil 07/Reteh Ajarkan Ngaji dan Shalat
  • Bhabinkamtibmas Sialang Panjang dan Komunitas Generasi 2000 Berbagi Inhil Bedah Rumah Nenek Asiah
  • Penista Agama Islam di Bengkalis Ditangkap Polisi
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index