Rabu, 13 November 2019
Follow:
 
Pacu Jalur Rayon I Tepian Lubuok Sobae KHS Dimulai, Diikuti 72 Jalur

alfi | Kuantan Singingi
Jumat, 05/07/2019 | 08:10:02 WIB
Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si menyerahkan Piala Bergilir ke Panitia /int
TERKAIT:
TELUK KUANTAN - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si membuka secara resmi Pacu Jalur Rayon I di Tepian Lubuok Sobae, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Kamis (4/7).

Dengan dibukanya Pacu Jalur Rayon I tersebut, pertanda genderang pacu jalur sebagai Tradisi Budaya di Negeri Kuantan Singingi telah dimulai.

Bupati Kuansing Mursini sangat mengapresiasi Panitia Pacu Jalur Rayon I, yang telah menyiapkan acara sejak dari awal, sehingga membuat Tepian Lubuok Sobae, Kuantan Hilir Seberang ini penuh sesak oleh penonton.

Menurutnya, pacu jalur di Kabupaten Kuantan Singingi, tidak saja mengandung unsur olahraga semata. Tetapi juga merupakan produk budaya dan karya seni masyarakat, yang memiliki dan mengandung makna tersendiri, yang meliputi aspek seni ukir, seni tari dan artistik lainnya.

Pacu Jalur ini juga mengandung makna filosofi gotong royong, musyawarah dan mufakat, serta rasa persatuan dan kesatuan yang telah diimplimentasikan dalam langkah perbuatan, sifat dan sikap setiap insan di negeri ini.

"Pacu Jalur ini merupakan kebagaan kita bersama, saya mengajak masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik, dan dapat memanfaatkan event ini dengan sebaik baiknya, untuk peningkatan perekonomian masyarakat selama berlangsung pacu jalur," pesannya.

Di kesempatan tersebut, Bupati juga meminta agar masyarakat ikut membantu petugas keamanan, untuk menjaga kondusifitas selama pegelaran pacu jalur ini.

"Saya berpesan kepada masyarakat atau penonton pacu jalur ini, agar tidak membuang sampah di sungai Kuantan, agar sungai kuantan tidak tercemar dengan kantong-kantong plastik," ajaknya.

Camat Kuantan Hilir Seberang,  Akhyan Armofis mengucapkan selamat datang Bupati Kuansing H Mursini berserta rombongan. Bahwa Pacu Jalur Rayon I ini merupakan ajang silaturahmi, antar masyarakat di Kabupaten Kuansing.

"Kuantan Hilir Seberang baru dua kali menyelenggarakan pacu rayon, jadi kalau ada kekurangan kami selaku panitia dan masyarakat Kuantan Hilir Seberang mengucapkan mohon maaf," imbuhnya.

Pacu Jalur Rayon I ini, diikuti sebanyak 72 Jalur yang berasal dari Kecamatan Cerenti, Inuman, Kuantan Hilir, Pangean, Benai, Sentajo Raya, Logas Tanah Darat, Kuantan Tengah, Gunung Toar dan Kuantan Hilir Seberang sebagai tuan rumah, yang akan memperebutkan Piala Bergilir Bupati Kabupaten Kuantan Singingi.

Hadir dalam pembukaan Pacu Jalur antara lain Asisten, Staf Ahli, Kepala Badan, Kepala Dinas, Anggota DPRD, Kepala Bagian, Ketua Tim Penggerak PKK Kuansing Dra Emi Safitri, Camat Kuantan Hilir Seberang, Camat Kuantan Hilir, Camat Logas Tanah Darat, Camat Inuman, Camat Cerenti, Kapolsek Kuantan Hilir, Danramil/07 Kuantan Hilir, Upika Kuantan Hilir Seberang, Ketua Koni Kuansing, para Kades serta sejumlah tokoh masyarakat Kuantan Hilir Seberang.(lipo*14)



Berita Lainnya :
 
  • Pemkab Siak Umumkan Penerimaan CPNS, ini Formasinya
  • Tiga Kader Golkar Incar Gerindra, Elda Siap Mundur Bila Diusung
  • LAKPESDAM NU Riau Dukung Bagi Hasil yang Layak Dari MIGAS & CPO untuk Daerah
  • Mendes Sebut Pendamping Desa sebagai Pahlawan Stunting
  • Muhammad Syafaat, Berikan Bantuan Kepada Warga Miskin
  • Prabowo Akan Diskusi dengan Presiden Jokowi Bahas Masalah HRS
  • Bayar BPJS Warga Miskin, Pemprov Riau Alokasikan Rp178 Miliar
  • Dipancing dengan Perempuan, Pelaku Pembawa Kabur Motor Teman Ini Berhasil Diciduk
  • Manajemen Juventus Harapkan Cristiano Ronaldo Minta Maaf
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index