Sabtu, 22 Februari 2020
Follow:
 
Balai Bahasa Riau Bentuk Satgas Bara di Kuantan Singingi

Elfi | Kuantan Singingi
Jumat, 07/02/2020 | 20:16:43 WIB
Telukkuantan, LIPO - Balai Bahasa Provinsi Riau bersama Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi membentuk Satuan tugas ( Satgas ) Bahasa Negara ( Bara) di Kabupaten Kuantan Singingi.

Rapat pembentukan Satgas Bara tersebut dipimpin langsung oleh  Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Songgo Siruah dan didampingi Asisten III Setda Kuansing, Dr. Agusmandar di ruang rapat bagian Organisasi Setdakab Kuansing, Jumat pagi. ( 7/2/2020) 

Peserta rapat dihadiri diantaranya perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Kuantan Singingi , PWI Kuansing, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( Hipmi), Lembaga Adat Melayu Riau ( LAMR) , jajaran Kepolisian dan TNI.

Songgo Siruah dalam arahannya menyampaikan bahwa tujuan dibentuknya Satgas Bara ini sebagai pengendalian dan Pengawasan penggunaan Bahasa pada lembaga pemerintah dan swasta di Kabupaten Kuantan Singingi. 

Lanjut dikatakan Songgo, sejauh ini masih banyak didapati penggunaan bahasa yang tidak tepat pada ruang publik, baik pada lembaga resmi pemerintah maupun swasta.

"Ini nanti menjadi tugas Satgas untuk menertibkannya dengan berpedoman pada Undang- undan nomor 24 tahun 2009 yang mengatur tentang bendera, bahasa, lambang negara dan lagu kebangsaan," ujarnya. 

Songgo memberi contoh, seperti tulisan selamat datang yang menggunakan bahasa asing Welcome. Dilarang merokok-No Smoking. Penggunaan bahasa asing ini di ruang publik katanya dibolehkan, asal didahului dengan bahasa Indonesia.

Jika nanti hal tersebut masih ditemukan di lapangan, maka tugas Satgas untuk menyurati agar diperbaiki sesuai dengan amanat Undang-undang.

"Untuk saat ini kita masih sebatas mengingatkan untuk diperbaiki. Tidak ada sanksi. Kecuali nanti Pemerintah daerah membuat peraturan daerah tentang ini, baru bisa kita terapkan untuk sanksinya," terang Songgo.

Oleh sebab itu, Songgo mendorong Pemkab Kuansing untuk membuat Perda tentang penggunaan bahasa di lembaga pemerintah dan swasta ini.

Hasil dari rapat tersebut diputuskan Satgas Bara Kuantan Singingi diketuai oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuansing, dengan pelindung Bupati Kuantan Singingi, Forkopimda dan Balai Bahasa Provinsi Riau.(Lipo *14).



Berita Lainnya :
 
  • Malam Ini Aliran Listrik Diputus, Baru 45 Pedagang Kosongkan TPS di Kawasan Sukaramai
  • Ini Tiga Daerah di Sumbar Terdampak Fenomena Angin Kencang
  • PW IPPNU Riau Resmi Terbentuk Kembali
  • PT Angkasa Pura II Pastikan Angin Kencang Tidak Ganggu Operasional Penerbangan
  • Hingga Hari Kelima, 852 Peserta Tes CPNS Pekanbaru Gugur
  • Peduli Penghijauan, Satpolair Polres Rohil Tanam Ribuan Bibit Magrov
  • Peduli Penghijauan, Satpolair Polres Rohil Tanam Ribuan Bibit Magrov
  • Karang Taruna Pekanbaru Siap Laksanakan Loka Karya
  • Reses di Desa Pekan Kamis, Dani M Nursalam Soroti Pembangunan Ruas Jalan Provinsi
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index