Rabu, 24 Oktober 2018
Follow:
 
DP2KBP3A-Diskes Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks

alfi | Rokan Hilir
Senin, 23/04/2018 | 20:58:54 WIB
Bagansiapiapi, LIPO - Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2018, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Rokan Hilir bersinergi dengan Dinas Kesehatan Rokan Hilir, mengadakan sosialisasi sekaligus mempercepat deteksi secara dini pemeriksaan kanker payudara dan serviks.

Kegiatan ini dilaksankan di aula kantor DP2KBP3A, Senin (23/4/2018) di Batu Enam Bagansiapiapi, yang hadiri, ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nur Ainun Jamiludin, Kadis Kesehatan Rokan Hilir Dahniar, pengurus  PKK Kecamatan Bangko, Serta selutuh PNS dan honorer di lingkungan DP2KBP3A.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sri rahayu menjelaskan, Kegiatan mempercepat deteksi secara dini pemeriksaan kangker serviks dan Payudara ini.

Selain dalam rangka memperingati Hari Kartini 2018, juga sejalan dengan program Dinas Kesehatan Rokan Hilir dan program Pemberdayaan Perempuan, yakni mewujudkan perempuan yang sehata.

"Untuk pemeriksaan ini dilakukan dengan metoda iva test (Inspeksi Visual Asam asetat ) dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sapai dengan 5%. Dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin," Jelas Rahayu.

Kegiatan yang sama juga dilanjutkan di kecamtan yang ada di Rokan Hilir. " kepada seluruh PNS dan Honores dilingkungan DP2KBP3A untuk dapat melakukan pemeriksaan dan pencegahan secara dini," imbau Ayu.

Hal Senada juga di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir Dahniar, Program dinas kesehatan deteksi adanya kanker serviks dan payudara, Karna angka kematian untuk kasus ini terbesar di dunia.

" Makanya program ibu presiden untuk mengintuksikan seluruh ibu yang berada di kabupaten kota,  untuk mempercepat deteksi secara dini  dengan menggunakan metoda iva test. Metota yg mudah dan murah di gunakan," jelas Dahniar.

Kanker serviks atau di sebut juga dengan kanker mulut rahim yaitu penyakit yang menyerang bagian mulut rahim wanita, dan menjadi penyebab kematian yang paling tinggi jika di bandingkan dengan jenis kanker lainnya, maka dari itu penyakit kanker serviks ini menjadi penyakit yang paling di takuti oleh para wanita. Kanker servik biasanya menyerang wanita yang telah berusia 35-55 tahun.(lipo*10)



Berita Lainnya :
 
  • Hujan Deras, Longsor Timbun Sejumlah Titik Jalan di Kampar
  • Bupati Inhil Peringati HCTPS Sedunia Bersama Siswa SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan
  • Layanan Medevac Pesawat Permudah Evakuasi Pasien Emergency
  • Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu, Walikota Pekanbaru Akhirnya Penuhi Undangan Bawaslu Riau
  • Narkoba di Bandara SSK II Pekanbaru Terungkap dari Pembalut Wanita
  • Hujan Akibatkan Longsor di Jalan Riau-Sumbar
  • Kasus Pembakaran Bendera Tauhid, Polisi Periksa 3 Orang Saksi
  • Liburan ke Nepal, Dahi Merah Luna Maya Jadi Sorotan Netizen
  • 4 November Mendatang, Masyarakat Inhil Diajak Hadiri Peringatan HKN
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index