Sabtu, 24 08 2019
Follow:
 
Jumlah Hewan Kurban Di Siak Diprediksi Meningkat Dari Tahun Sebelumnya

Elfi | Siak
Kamis, 01/08/2019 | 15:40:40 WIB
SIAK, LIPO - Jumlah hewan kurban di Kabupaten Siak pada Tahun 2019 ini diperkirakan mengalami peningkatan lima persen dibanding tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Siak, Susilawati kepada Liputanoke.com, Kamis 1 Agustus 2019.

"Dari data yang kita peroleh saat ini, Kurban di tahun 2019 ini mengalami pengingkatan lima persen;" ungkapnya. 

Dikatakannya, tahun 2018 lalu jumlah hewan kurban di Siak sebanyak 2.951 ekor terdiri dari 1.906 sapi, 586 kambing, dan 99 kerbau. Oleh karena itu dengan perkiraan meningkat lima persen, hewan kurban di tahun 2019 ini akan mencapai lebih dari 3.000 hewan kurban.

"Tahun lalu juga terjadi peningkatan signifikan dari jumlah hewan kurban di tahun 2017. Ketika itu jumlahnya 2.129 dengan rincian 1.547 sapi, 501 kambing, dan 81 kerbau," terangnya.

Susi menjelaskan, hewan kurban di Siak ini tidak semuanya berasal dari Kabupaten Siak, diperkirakannya 70 persen berasal dari luar dan 30 persen dari ternak lokal. 

"Kalau untuk sapi, biasanya banyak dari Lampung. Sedangkan kambing dan kerbau dari Sumatera Barat. Kalau yang dari lokal Riau ini kemungkinan dari Pelalawan, ada juga dari Siak  tapi tidak banyak," jelasnya.

Saat ini, hewan-hewan kurban tersebut masih banyak yang belum tiba di masing-masing mesjid dan mushala yang ada di Kabupaten Siak. Hal ini dikarenakan, panitia pemotongan kurban banyak yang meminta hewan kurban didatangkan 3 hari sebelum hari pemotongan.

"Untuk saat ini, masih banyak hewan kurban yang belum datang, karena jika terlalu cepat didatangkan, tentu akan mengeluarkan biaya untuk perawatan dan makan hewan kurban tersebut. Makanya banyak yang meminta saat mendekati Idul Adha saja," pungkasnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Siak tetap memantau setiap hewan kurban yang tiba dan memeriksa kesehatannya. Di samping juga memeriksa setiap ternak lainnya yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat dengan pusat kesehatan hewan di sejumlah kecamatan.(lipo*11)



Berita Lainnya :
 
  • Tabrak Tronton Parkir di Rohil, 5 Penumpang Bus PMH Meninggal Dunia
  • Lepas Kontingan O2SN Riau ke Semarang dan Aceh, Ini Harapan Gubri Syamsuar
  • Ancam Tembak Kasatpol PP Pekanbaru, Pejabat BNN Ngaku Cuma Bawa Pistol Air
  • Indonesia Pastikan Tiket Final Ganda Putra Kejuaraan Dunia
  • Juara Bertahan Siposan Rimbo dan Limbago Melaju ke Hari Ketiga, Singa Kuantan Tumbang
  • Dinilai Punya Potensi, Sekda Kabupaten Siak Bahas Usaha Ekonomi Kreatif
  • Cak Imin Restui Ade Agus Hartanto Maju di Pilkada Inhu 2020
  • Tinjau Puskesmas Sungai Salak, Wabup SU Harap Pelayanan di Fasyankes Ditingkatkan
  • Peduli Korban Kebakaran, Marlis Syarif dan MPI Bagikan 300 Nasi Bungkus
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index