Senin, 27 Januari 2020
Follow:
 
Pemkab Inhu Komitmen Cegah Karhutla Tahun 2020

elfi | Inderagiri Hulu
Selasa, 03/12/2019 | 20:29:49 WIB
Rengat, LIPO - Hampir setiap tahunnya Provinsi Riau tidak luput dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta bencana kabut asap. Termasuk  di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).  Meskipun demikian, Pemkab Inhu terus menunjukkan komitmennya dalam memerangi karhutla. Menyikapi hal tersebut, Pemkab Inhu melaksanakan Rapat Koordinasi bersama Stake Holder Perusahaan Perkebunan.

Di Auditorium Lt.4 Kantor Bupati, Yopi Arianto Bupati Inhu, Selasa (3/12/2019) melakukan Rapat Koordinasi terkait langkah-langkah pencegahan Karhutla di Inhu untuk tahun 2020.

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati di Wakil Bupati Inhu H. Khairizal, SE, M.Si.  Turut hadir pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Hendrizal, Dandim 03/02 Inhu, dan Kapolres Inhu.

Pelaksanaan rapat kordinasi di Latar belakangi dengan adanya prediksi musim kekeringan yang akan melanda Indonesia pada bulan Januari dan Februari.

"Kami juga minta kepala KPBD agar dapat berkoordinasi dengan Camat, Kepolisian serta TNI untuk mengantisipasi banjir," kata Khairizal.

Adapun Ekspos pertama disampaikan oleh Dandim 03/02 Inhu Letkol Arh Hendra Roza. "Perlu saya tekankan karhutla di Inhu hampir seluruhnya karena ulah manusia baik disengaja ataupun tidak" ujar Hendra Roza.

Dalam pemaparan narasumber, ada berbagai macam kendala yang umumnya ditemui dilapangan seperti minimnya sarana prasarana baik milik perusahaan maupun pemerintah. Kendala berikutnya adalah embung yang berada ditiap-tiap lokasi kebakaran sudah dangkal serta kurangnya kesadaran masyarakat dan koordinasi diantara pemerintah dan perusahaan.

Pemaparan selanjutnya disampaikan Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.IK. Efrizal mengajak, seluruh pemangku kepentingan termasuk perusahaan agar bersama-sama melakukan pencegahan contohnya berupa patroli bersama.

"Polres Inhu sudah memproses 5 perkara terkait karhutla" ujar Efrizal dalam pemaparannya. 
Langkah-langkah pencegahan yang telah dilakukan seperti mapping hotspot, sosialisasi serta pemberdayaan kepada masyarakat, dan koordinasi bersama seluruh pemangku kepentingan.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori langsung oleh Wakil Bupati Inhu Khairizal. Diskusi berlangsung hangat. Berbagai pertanyaan maupun keluhan dan saran baik dari pemerintah, perusahaan, maupun pihak terkait lainnya. Dengan dilaksanakannya diskusi ini diharapkan ada pemecahan masalah yang dapat membantu mencegah Karhutla di Kabupaten Indragiri Hulu kedepannya.(lipo*15)



Berita Lainnya :
 
  • Ikuti Sekolah Legislatif, 4 Anggota Fraksi Nasdem Kuansing Masuk Karantina
  • Pemerintah Indonesia Didesak Terbitkan Travel Warning ke China
  • Bengkalis Dikepung 13 Titik Panas, Potensi Karhutla Meningkat
  • KIP Ingatkan Badan Publik Sampaikan Informasi Virus Corona secara Massif
  • Menpan RB Bantah Penghapusan Tenaga Honorer di Daerah
  • Investor Malaysia Bakal Gelontorkan Rp3 Triliun di Pekanbaru
  • Takjub dengan MPP Pekanbaru, Menteri Malaka Beri Jempol Walikota
  • Terkait Kasus PAW, KPK tak Tutup Kemungkinan Panggil Yasonna
  • Tanpa Gol Messi, Barca Terkapar di Markas Valencia
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index