Kamis, 21 November 2019
Follow:
 
Pemkab Rohil Percepat Pembangunan di Daerah Pelosok

elpi | Advertorial
Kamis, 07/11/2019 | 20:31:07 WIB
Bagansiapiapi, LIPO - Bupati Kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno,terus berupaya untuk mempercepat pembangunan di kawasan di daerah pelosok. Hal tersebut dilakukanya dengan melakukan perencanaan pembangunan kawasan Kabupaten Rohil.

Untuk Rokan Hilir sendiri pembangunan kawasan perbatasan terdapat di lima kecamatan yakni Kecamatan Sinaboi, Pasir Limau Kapas (Palika), Bangko, Kubu Babussalam (Kuba), dan Kecamatan Pekaitan.

Menurut Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno, pentingnya di lakukan pembangunan infrastruktur seperti Jalan dan Jembatan tersebut, tentunya dalam rangka mempermudah masyarakat untuk memamfaatkan akses jalan menuju ke seluruh pelosok daerah khususnya di daratan, didamping itu,untuk membuka jalan baru tersebut Bupati Suyatno juga berusaha akan meningkatkan kondisi dan kualitas jalan di dalam kota dan luar kota.

Meski begitu, Pemkab Rohil tetap komitmen menjalankan program-program wajib serta program strategis. Diantaranya Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi Kerakyatan, Industri dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa/Kelurahan, Program Peningkatan Ketahanan Pangan dan Perkebunan, Pengembangan Obyek Wisata parit Bepak, Pulau Tilan dan pulau jemur.

"Dengan membaiknya fasilitas infrastruktur khususnya jalan, jembatan, pelabuhan maka diharapkan cost trasportasi dalam daerah lebih murah dan aktivitas ekonomi masyarakat berjalan lancar mauaranya adalah pemeratan pembangunan antara satu kawasan dengan kawasan lainya," kata Bupati.

Sarana infrastruktur jalan masuk dalam kebijakan program pemerintah pusat dalam mengesa ekonomi masyarakat di daerah. Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam memacu pembangunan khususnya di wilayah pesisir.

Rencana pembangunan akses jalan tersebut, pernah disampaikan Bupati Rohil Suyatno kepada Gubernur Riau Syamsuar, supaya pemerintah provinsi dapat memberikan bantuan membangun akses jalan Sinaboi-Dumai yang kini masih menjadi kendala.

Bupati Rohil H Suyatno, mengatakan bahwa pembangunan Jalan lintas pesisir sebagai jawaban dalam membenahi infrastruktur khususnya di wilayah pesisir yang kondisinya sangat buruk di beberapa kecamatan. Seperti jalan penghubung yang menjangkau ke arah Pedamaran Kecamatan Pekaitan, Kubu, KubuBabussalam sampai ke Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Menurutnya, pembangunan jalan dengan menggunakasi metode penganggaran multiyears kualitas jalan yang dibangun sangat baik dan kuat apalagi mengingat lalulintas masyarakat, jasa transportasi serta angkutan hasil perkebunan sangat tinggi di jalur tersebut.
 
Ditambahkan, jika pembangunan Jalan Lintas Pesisir yang dimulai dari Jembatan Pedamaran II menuju Kecamatan Pekaitan, Kubu, PasirLimau Kapas hingga keLabuhan Batu Selatan selesai, Pemkab Rohil akan melanjutkan pembangunan Jalan Lintas Sinaboi Dumai.

"Kami akan coba menelusuri Jalan Lintas Sinaboi Dumai dengan kenderaan roda dua guna melihat seperti apa kondisi jalan tersebut. Karena informasi yang saya dapat tanah disana sudah banyak digarap," ungkapnya.

Bupati menilai apabila kedua jalanlintas pesisir tersebut sudah terbuka Kabupaten Rokan Hilir tidak akan menjadi negeri yang terisolir. Bukan hanya itu Pemkab Rohil saat ini juga sedang melakukan pembangunan Jalan Lintas Pesisir dari Tugu Elang Batu Enam, Bagansiapiapi menuju Jalan Lingkar ke Pelabuhan Nelayan sepanjang 6 kilometer.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri dan luar ruangan

Jembatan Pedamaran I dan Pedamaran II, merupakan salah satu jalan alternative menuju lintas pesisir Rohil yang terus digesa pembangunannya oleh Pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah setempat. Dumai dengan Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir, kemudian menuju Bagansiapiapi hingga ke Jembatan Pedamaran I.

Selanjutnya, dari Jembatan Pedamaran I menyeberangi lagi melalui jembatan Pedamaran II menuju Kecamatan Pekaitan, Kubu, Pasir Limau Kapas hingga keperbatasan wilayah antara Kabupaten Rokan Hilir dengan Labuhan Batu Selatan, Provinsi Sumatera Utara.
 
Dengan adanya dua jembatan tersebut pembangunan jalanlintas pesisir termasuk infrastruktur jalan di kecamatan lainnya dihaapkan dapat mempermudah akses transportasi masyarakaat terutama dalam membawa hasil pertanian dan perkebunan.

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan masih menjadi program prioritas utama pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) pada tahun anggaran 2019, bahkan di program-program mendatang nantinya. (lipo*10/adv/hms)




Berita Lainnya :
 
  • Perppu KPK Belum Juga Terbit, ICW Gugat UU KPK ke MK
  • Dinilai Jadi Ladang Korupsi, TP4 Segera Dibubarkan
  • Ini Alasan Kapolri Idham Copot Kapolres Kampar
  • Kebakaran di Lanud Rsn, Dua Orang Menjadi Korban
  • Kodim 0314/Inhil Laksanakan Binter Terpadu Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat
  • Siswa SMAN 1 Tembilahan Hulu Wakili Riau Ikuti Kejurnas di Palembang
  • Banyak Warga Terserang DBD, Dewan Minta Diskes Proaktif
  • Lima Tokoh dan Empat Buku Ini Masuk Nominator Anugerah Sagang
  • Pemprov dan DPRD Riau Diminta Selaraskan Kebijakan dengan Pusat
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index