Kamis, 24 Mei 2018
Follow:
 
Mitos-Mitos Minuman yang Tak Layak Dipercaya

elfi | Lifestyle
Minggu, 11/02/2018 | 06:21:31 WIB
ANEKA jenis minuman sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Mulai dari olahan teh, kopi, buah, susu, cokelat dan masih banyak lagi. Bayaknya jenis minuman memunculkan mitos di masyarakat tentang manfaat dan bahayanya.

Lantas, apa saja mitos-mitos minuman yang masih dipercaya hingga saat ini. Berikut ini Okezone telah merangkum dari beberapa sumber tentang mitos minuman yang tak layak dipercaya.

Minuman cokelat

Berdasarkan mitos yang beredar, minuman cokelat dapat merusak kesehatan. Teruma cokelatnya yang merusak gigi, bikin batuk, sakit tenggorokan, jerawat, dan gemuk.

Namun ternyata tidak, menurut ahli gizi dokter Rita Ramayulius, DCB, M. Kes., cokelat asli yaitu biji kokoa memilih manfaat untuk kesehatan. Minuman cokelat seperti hot cokelat yang terbuat dari bubuk kokoa dengan kandungan di atas 30 persen dapat meningkatkan konsentrasi dan suasana hati.

Sedangkan batuk, gigi berlubang, jerawat, dan gemuk bukan diakibatkan oleh cokelat. Melainkan karena bahan tambahannya seperti tinggi kandungan glukosa dan susu. Khusus untuk jerawat, perlu digarisbawahi bahwa jerawat disebabkan hanya karena peningkatan hormon dan makanan tidak sehat yang mengandung lemak.

Es cincau

Mitos yang berkembang menyebut es cincau bisa menyebabkan sakit. Misalnya demam, batuk dan flu, atau sakit tenggorokkan.

Namun lagi-lagi Rita menjelaskan bahwa bahan asli daun cincau sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan, kecuali bahan campuran olahan cincau dan tambahan lainnya. Gula dan es termasuk. Es yang dimasukkan ke dalam minuman olahan cincau bisa menyebabkan diare apabila airnya mentah atau kotor. Bahan kimia seperti pewarna yang digunakan untuk cincau juga termasuk yang berbahaya.

Bandrek

Minuman khas Jawa Barat ini disebut-sebut dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Ternyata, itu hanya mitos yang tak berdasar. Sebab minuman yang berbahan dasar jahe ini justru baik untuk tubuh.

"Jahe miliki manfaat untuk menghangatkan tubuh, menstimulasi peredaran darah dan menambah stamina," kata Rita.

Saat kondisi cuaca sedang dingin, jahe dapat meningkatkan suhu tubuh. Bandrek dapat minum kapan saja termasuk setiap pagi untuk menjadi minuman kesehatan. Sedangkan yang mengakibatkan sakit tenggorokan adalah gula dan susu kental manis yang dipakai sebagai campuran bandrek. Gula dan susu kental manis, kedua tinggi glukosa sehingga bisa menyebabkan sakit tenggorokan bahakan diabetes.

Teh

Mitos teh disebutkan bahwa menyeduhnya harus dengan air mendidih 100 derajat. Padahal, itu tidak benar. Menyeduh teh yang benar adalah dengan suhu 70 sampai 90 derajat cecius. Sebab, menyeduh teh dengan air yang panas sekali akan membuat teh menjadi terlalu kental.

Jus

Jus buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, orang meyakini minum jus juga dapat menghilangkan dahaga. Anggapan itu rupanya salah dan merupakan mitos tak berdasar. Sebab minuman yang dapat menghilangkan dahaga hanya air putih.(lipo*3/okz)





Berita Lainnya :
 
  • Rajut Silaturahmi, Panwaslu Kuansing Adakan Buka Puasa Bersama
  • Sekda Inhil Harap Pembuatan & Pelaksanaan KLHS Dalam RPJMD Sesuai Potensi & Kondisi Daerah
  • Lukman Edy Sebut Bibit Radikalisme karena Adanya Pembiaran
  • Harga TBS Sawit Riau Naik Lagi Sedikit Pekan Ini
  • Kasasi Selesai, KPU Riau Segera Cetak Surat Suara 4 Paslon Pilgubri
  • Sita 4,5 Kg Sabu, BNNP Riau Dalami Keterlibatan Napi Lapas Pekanbaru
  • Pjs Bupati Inhil Imbau Tempat Hiburan Malam Ditutup dan Warung Makan Buka Menyesuaikan Waktu
  • Hadirkan Ustad Abdul Somad dan Ustad dari Palestina, BRC Peduli dan Berbagi dengan Anak Yatim
  • Kapolres Inhil Serahkan Bantuan Korban Kebakaran dan Bagikan Takjil di Desa Pulau Palas
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index