Minggu, 19 08 2018
Follow:
 
Khasiat Temu Mangga dan Gula Aren untuk Penderita Maag

alfi | Lifestyle
Sabtu, 05/05/2018 | 09:09:22 WIB
SOLO - Indonesia memiliki tanaman rempah-remah dengan beragam jenis yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu tanaman rempah-rempah yang juga sering digunakan untuk obat herbal adalah temu mangga.

Temu mangga yang nama ilmiahnya curcuma amada mungkin kurang populer di telinga sebagian orang. Namun temu mangga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, tak kalah dari jenis tanaman rempah lainnya.

Temu mangga memiliki bentuk mirip kunyit, namun dengan warna yang lebih pucat. Ini membuat orang sering salah dan menyebut temu mangga sebagai kunyit putih.

Meski temu mangga tak dikenal baik seperti temulawak dan kunyit, tanaman herbal yang mengandung flavonoid dan tanin ini memiliki khasiat cukup banyak. Salah satunya untuk obat maag.

Temu mangga umumnya tidak digunakan sebagai bahan campuran masakan seperti umumnya tumbuhan rimpang lainnya. Karena itu tumbuhan rimpang ini kurang populer sehingga tidak banyak yang tahu tentang jenis tanaman herbal yang satu ini.

Salah seorang peracik jamu berpengalaman yang praktik di rumahnya di Desa Pengkol RT 002/RW 001, Nguter, Sukoharjo, Suti Sehati, mengatakan temu mangga bisa digunakan untuk obat sakit maag. Untuk obat sakit maag, temu mangga dicampur gula aren.

“Caranya ambil temu mangga satu ruas atau satu jempol dicuci bersih dengan air mengalir, kemudian dirajang menjadi beberapa bagian dan digodok dengan air. Sedangkan gula aren yang dibutuhkan secukupnya sesuai selera sehingga jamu menjadi segar,” ujar dia saat ditemui Solopos.com, belum lama ini.

Sedangkan takaran air untuk menggodok, papar dia, diperlukan empat gelas jenis belimbing. Setelah bahan tersedia, TM dimasukkan ke kendil atau wadah lainnya dan digodok hingga mendidih dan airnya sisa tiga gelas.

Setelah itu, masukkan gula aren air rebusan temu mangga tadi. Jika ingin mengonsumsi, sebaiknya setelah mendidih dibiarkan sesaat agar hangat sehingga enak diminum.

Bagi penderita sakit maag obat ramuan itu bisa dikonsumsi tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam. “Cara meminum atau mengonsumsinya dilakukan sebelum makan,” kata dia.(lipo*3/okz)





Berita Lainnya :
 
  • Ferryandi Harap Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Meningkat
  • Seorang Pekerja di RSUD Puri Husada Melakukan Percobaan Bunuh Diri
  • Kwarcab Pramuka Inhil Gelar Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-57
  • Upacara peringatan HUT RI ke-73 Di Kelurahan Beringin Jaya Berlangsung Sukses
  • Ini Harapan Yang Disampaikan Bupati Mursini Pada Malam Resepsi Kenegaraan
  • Peringati HUT ke 73 RI, BRK Gelar Lomba Seni Budaya Melayu Berbasiskan Digital
  • Bupati Inhil Sebut Kemerdekaan Anugerah Allah SWT Bagi Bangsa Indonesia
  • Catat 23 Prestasi Selama 2018, BRK Serahkan Sertifikat Apresiasi
  • HUT ke-73 RI, Bupati Mursini Serahkan SK Remisi di Rutan Teluk Kuantan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index