Jum'at, 22 Juni 2018
Follow:
 
Bisakah Susu Kedelai Jadi Pengganti Susu Sapi?

alfi | Lifestyle
Sabtu, 02/06/2018 | 06:08:02 WIB
Jakarta, LIPO - KEHADIRAN susu memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Bicara soal jenis susu, kebanyakan orang awam lekat dengan yang namanya susu sapi, susu kambing dan juga susu kedelai. Ya, ketiga jenis susu inilah yang bisa dibilang populer di kalangan masyarakat umum.

Dalam konsumsinya sehari-hari, baik itu susu sapi, susu kambing ataupun susu kedelai banyak disantap dengan berbagai bentuk. Baik diminum langsung, ditambahkan sebagai campuran dengan bahan makanan lainnya, ataupun diolah menjadi produk bahan makanan lain, misalnya keju dan yogurt.

Namun, jika dicerna lebih seksama. Mengingat susu sapi dan susu kambing datang dihasilkan dari hewan mamalia, sedangkan kedelai adalah tanaman. Lalu apakah sebenarnya susu kedelai itu bisa disebut sebagai susu layaknya susu hewani? Menjawab pertanyaan ini, maka Okezone pun bertanya langsung kepada dr.A.R.Inge Permadhi, MS, SpGK selaku spesialis gizi klinik dari RSCM, Jakarta.

"Ya selama ini kan memang dikenal sebagai susu, iya karena warnanya saja yang putih. Sebetulnya kan dari kedelai, produk nabati. Di luar negeri sendiri kan dikenalnya sebagai soybean milk, terstandarisasinya soybean milk. Memang yang dikenal sebagai susu itu kan susu dari hewan mamalia, tetapi susu kedelai ini kan nabati. Sebenarnya disebut susu hewani bukan, tapi hasil nabati itu juga bisa digunakan sebagai susu, contohnya ke anak-anak yang tidak bisa tidak tahan dengan susu dari hewan mamalia," ungkap dr. Inge saat dihubungi melalui sambungan telefon, Jumat (1/6/2018).

dr Inge menjelaskan lebih lanjut, jika dilihat dari kacamata ilmu kedokteran memang susu kedelai ini tidak bisa disebutkan sebagai susu sejajar seperti susu hewani. Namun, dr. Inge menuturkan bahwasanya soal susu kedelai ini memang harus dilihat dipikirkan lebih panjang, mengingat susu kedelai ini bisa difungsikan sebagai asupan susu untuk anak-anak yang kebetulan menderita alergi susu hewani.

" Ya kan ada tuh anak-anak yang memang tidak tahan susu dari hewan mamalia, nah bisa diberikan hasil nabati ya susu kedelai ini. Bukan dari hewani tapi produk susu nabati, yang bisa dipergunakan untuk anak-anak yang memang alergi susu,” tambahnya.(lipo*3/okz)



Berita Lainnya :
 
  • Buka Rapat Paripurna Milad ke-53, Ketua DPRD Inhil Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak
  • Pjs Bupati Inhil Pimpin Apel Hari Pertama Masuk Kerja Pasca Lebaran
  • Pimpin Apel Pasca Libur Lebaran, ini Pesan Plt Gubernur Kepada ASN dan Honorer
  • Usai Lebaran, Dua Tersangka Korupsi di Dispora Riau Jalani Pemeriksaan
  • Arus Balik dari Sumbar ke Riau Mulai Ramai
  • Elektabilitas Jokowi Kalahkan Prabowo Hanya di Empat Provinsi Ini
  • KPU Tegaskan 2.468 Lembar Surat Suara Riau Rusak
  • Sekeluarga Asal Riau Korban KM Sinar Bangun
  • Najib Razak Jelaskan Asal Kekayaannya
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index