Jum'at, 22 Juni 2018
Follow:
 
Memasuki Pekan Terakhir Ramadan, Ini Tips biar Semangat Menjalaninya

alfi | Lifestyle
Kamis, 07/06/2018 | 06:00:29 WIB
Jakarta, LIPO - MEMASUKI pekan terakhir Ramadan, sebagian orang mulai kurang semangat untuk melanjutkan puasa. Untuk mencegahnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menggenjot pahala sebelum merayakan momen kemenangan.

Kondisi seperti itu nampaknya wajar terjadi karena Anda mulai lelah fisiknya. Apalagi pekan depan sudah mulai libur bekerja, yang membuat Anda tak sabar menantikan.

Bahkan beberapa orang mulai jatuh sakit karena pola tidur terganggu, berlebihan konsumsi makanan berat di malam hari, dan sebagainya. Untuk itu, Anda harus menerapkan beberapa tips yang cocok untuk mendukung fisik yang kuat agar tetap lancar puasa sebagai berikut, dilansir Thehealthsite, Kamis  (7/6/2018).

1. Jangan lupa sahur

Konsultan Gizi Senior dari Primecare Hospital Dr Faiyaz Ali Maniyar, MD, MRCP mengatakan, makan sahur sama pentingnya dengan sarapan pagi. Jika Anda melewatkan sahur, energi mudah hilang dan semangat mulai menurun. Agar tidak malas bangun, bangkitkan dengan selera makan yang menyenangkan. Buat masakan favorit yang sederhana dan tak makan banyak waktu.

2. Hindari makanan yang digoreng

Terlebih lagi, ketika makan sahur Anda harus pilih makanan yang tepat dan bergizi, seperti makanan mengandung karbohidrat kompleks dari gandum dan biji-bijian, makanan tinggi serat dari sereal, kurma, pisang, hingga makanan kaya protein seperti telur, keju, daging. Hindari makanan yang digoreng dan makanan instan, sebab sangat sulit dicerna dalam waktu cepat. Dampaknya bikin perut kembung dan merasa mual.

3. Jagalah agar tubuh Anda terhidrasi

Karena Anda tidak dapat minum di siang hari, tubuh bisa sangat dehidrasi selama Ramadan. Untuk mencegah hal ini, Anda harus minum jumlah cairan yang cukup pada periode antara buka dan sahur. Selain minum setidaknya 8-10 gelas air, Anda juga bisa makan buah dan sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti mentimun, semangka, labu, dan lainnya. Jangan lupa juga ya hindari minuman berkafein, yang malah bikin Anda cepat merasa haus.

4. Jangan berolahraga berlebihan

Karena tubuh cenderung mengalami dehidrasi saat berpuasa, Anda harus mencoba untuk tidak berolahraga di siang hari. Meskipun Anda dapat melakukan latihan ringan, tapi ada baiknya berolahraga di malam hari menjelang tidur.

5. Kontrol porsi makan

Meskipun mungkin Anda tergoda untuk makan banyak pada berbuka, harus mencegahnya. Makan berlebihan akan meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung dan diabetes tipe-2. Daripada makan dalam jumlah besar, cobalah makan lebih banyak sup, sayuran, dan buah-buahan. Sudahkah Anda mencobanya?.(lipo*3/okz)





Berita Lainnya :
 
  • Buka Rapat Paripurna Milad ke-53, Ketua DPRD Inhil Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak
  • Pjs Bupati Inhil Pimpin Apel Hari Pertama Masuk Kerja Pasca Lebaran
  • Pimpin Apel Pasca Libur Lebaran, ini Pesan Plt Gubernur Kepada ASN dan Honorer
  • Usai Lebaran, Dua Tersangka Korupsi di Dispora Riau Jalani Pemeriksaan
  • Arus Balik dari Sumbar ke Riau Mulai Ramai
  • Elektabilitas Jokowi Kalahkan Prabowo Hanya di Empat Provinsi Ini
  • KPU Tegaskan 2.468 Lembar Surat Suara Riau Rusak
  • Sekeluarga Asal Riau Korban KM Sinar Bangun
  • Najib Razak Jelaskan Asal Kekayaannya
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index