Selasa, 21 08 2018
Follow:
 
Lepas Dahaga dengan Minum Soda di Perjalanan Mudik, Ini 8 Bahaya yang Mengintai

alfi | Lifestyle
Selasa, 12/06/2018 | 06:24:03 WIB
Jakarta, LIPO - SELAMA perjalanan mudik, rasa haus sangat sulit ditangkal apalagi kalau cuaca panas terik. Banyak orang yang biasanya langsung meneguk minuman bersoda tanpa memikirkan efek sampingnya.

Padahal jika Anda memilih minuman bersoda untuk melepas dahaga, ada dampak serius yang sulit diatasi jika sudah kejadian. Maka lebih baik Anda mencegahnya supaya gaya hidup sehat tetap terjaga.

Dilansir Timesofindia, Selasa (12/6/2018), berikut adalah 8 risiko yang rentan dialami jika Anda berlebihan konsumsi minuman bersoda. Simak ulasannya lebih lanjut dan cegah sebelum risiko itu datang.

1. Gangguan kesuburan

Botol dan kaleng minuman ringan terbuat dari bahan plastik dan logam yang murah. Jika Anda sering memgonsumsinya bisa mengalami gangguan sistem reproduksi. Itu sebabnya kemasan minuman yang mengandung bisphenol A (BPA), zat kimia yang mengganggu masalah hormonal, peningkatan risiko keguguran dan rendahnya kesuburan.

2. Lemahnya gigi dan gusi

Berdasarkan sebuah penelitian, 92% orang dewasa menderita kerusakan gigi karena konsumsi soda secara teratur. Asam yang digunakan dalam soda melemahkan gigi enamel yang menyebabkan kerusakan gigi. Begitu juga dengan kandungan gula menyebabkan kerusakan gigi tanpa disadari.

3. Gangguan saluran pencernaan

Anda akan terkejut jika banyak perusahaan soda menggunakan air biasa yang mengandung kuman dan bakteri. Menurut sebuah penelitian, air tersebut mengandung kandungan timbal yang tinggi, tapi tidak semuanya baik untuk tubuh manusia. Tak heran jika kebanyakan minum soda bikin perut kembung, bahkan sampai diare.

4. Risiko obesitas

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa minum soda bisa meningkatkan risiko obesitas sebesar 1,6 kali. Itu disebabkan oleh pemanis buatannya yang menyebabkan risiko kegemukan. Waspadai risiko obesitas dalam jangka panjang akibat berlebihan minum soda dan jaga anak-anak supaya tidak terbiasa konsumsi minuman ini.

5. Gangguan ginjal

Banyak minuman ringan yang mengandung asam fosfat tinggi, menurut dokter berisiko bagi hati dan ginjal. Jika Anda mengandalkan minuman soda untuk melepas dahaga, waspadai terkena masalah batu ginjal dan penyakit ginjal lain yang berbahaya.

6. Serangan asam

Beberapa merek minuman soda juga menggunakan pengawet yang disebut sodium benzoate. Pengawet tersebut ditambahkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan pembusukan makanan. Menurut ilmu kedokteran, pengawet itu bisa memicu asma bagi mereka yang berisiko. Maka selama perjalanan mudik, hindari minuman tersebut supaya tidak mengganggu.

7. Tulang rapuh

Asam fosfat yang digunakan dalam soda juga memecah tulang, yang selanjutnya dapat menyebabkan peningkatan output urin kalsium. Menurut sebuah penelitian, ini menyebabkan melemahnya tulang. Wanita sejak muda harus menghindari minuman tersebut supaya tidak berisiko mengidap tulang rapuh.

8. Risiko penyakit jantung

Minuman berbasis soda memiliki kandungan gula tinggi yang membuat hati memproduksi lebih banyak trigliserida. Secara langsung dampaknya terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung. Anda harus menghindari risiko tersebut supaya tidak mengganggu aktivitas jelang Lebaran.(lipo*3/okz)







Berita Lainnya :
 
  • Ketua DPR Minta Fatwa MUI Soal Vaksin MR Gencar Disosialisasikan
  • 185 Jamaah Haji Asal Pekanbaru Melontar Jamarat Kubro
  • Pemuda Pancasila Riau Ancam Segel Bandara Terkait #2019gantipresiden
  • Riau Sisir Anggaran Atasi Defisit Rp1 Triliun
  • Seorang Jamaah Haji Asal Kecamatan Tembilahan di Muzdalifah
  • Diskominfops Inhil Tunda Pembayaran Kontrak Media Tahun Anggaran 2018
  • Bupati Inhil Pimpin Rapat Pembahasan Rancangan Teknokratik RPJMD 2018-2023
  • Dusun Sialang Dalam Akan Dijadikan Desa Percontohan
  • Wabup Apresiasi MoU Kejari Kuansing dan Kades Se-Kuansing
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index