Sabtu, 15 Desember 2018
Follow:
 
Ini Manfaat Makan Rumput Laut, dari Cegah Flu hingga Perangi Kanker

alfi | Lifestyle
Kamis, 02/08/2018 | 12:23:36 WIB
JAKARTA, LIPO - RUMPUT laut kini tengah menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat. Jika berkunjung ke supermarket, maka Anda akan dengan mudah menemui rumput laut yang sudah berbentuk camilan. Rumput laut memiliki tekstur dan rasa yang unik sehingga membuat banyak orang menyukainya.

Tidak hanya rasanya yang enak, rumput laut juga cocok dijadikan menu tambahan untuk disantap dengan berbagai aneka hidangan. Selain itu rumput laut juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Menurut National Ocean Service, rumput laut yang biasa hidup di perairan seperti laut, danau, dan sungai, kaya akan vitamin, mineral dan serat. Tak aneh jika menu yang satu ini kerap digunakan dalam berbagai masakan Jepang selama 1500 tahun terakhir.

Dalam artikel ini Okezone akan membahas mengenai berbagai manfaat alami yang terdapat dalam rumput laut sebagaimana dikutip dari Times of India.

1. Sumber nutrisi

Rumput laut dianggap sebagai sumber mineral penting seperti magnesium, kalsium, tembaga, dan kalium. Bahan makanan yang sederhana ini kaya akan phytonutrisi, antioksidan, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

2. Memerangi kanker

Rumput laut mengandung glikoprotein yang dikenal karena sifat anti-kankernya. Menurut penelitian, konsumsi rumput laut secara teratur membantu mengurangi produksi hormon yang mempromosikan kanker.

3. Kaya akan yodium

Rumput laut kaya akan kandungan yodium yang penting bagi orang-orang dari semua kelompok umur. Terlepas dari berfungsinya kelenjar tiroid, zat ini penting untuk otak dan kelenjar pituitari.

4. Mencegah obesitas

Menurut sebuah penelitian ilmiah, keberadaan senyawa yang disebut fucoxanthin di dalam rumput laut membantu penurunan berat badan dari akumulASI lemak. Senyawa ini membuatnya cocok untuk pil diet Anda.

5. Membantu Pencernaan

Ini merangsang pelepasan enzim pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi. Ini terjadi karena efek pencahar ringan hadir dalam rumput laut.

6. Mengontrol diabetes

Seperti disebutkan oleh penelitian, efek anti-diabetes rumput laut dikaitkan dengan adanya asam alginat di dalamnya.



7. Membentuk gigi yang kuat

Ekstrak rumput laut digunakan untuk mengendalikan gigi berlubang dan sifat anti-inflamASI membantu meningkatkan fungsi kelenjar ludah.

8. Sarana detoksifikasi yang efektif

Kehadiran alginat membuatnya menjadi agen detoksifikASI yang efektif yang membersihkan tubuh dan membantu dalam ekskresi limbah beracun.

9. Mencegah influenza

Telah terbukti bahwa rumput laut memiliki sifat anti-virus yang memberikan perlindungan terhadap virus influenza B.

10. Menjaga kesehatan jantung

Penggunaan rumput laut secara teratur dalam diet membantu menurunkan trigliserida dan kolesterol dalam tubuh yang selanjutnya menghasilkan jantung yang sehat.

11. Baik untuk kesehatan mata dan mencegah katarak

Menurut peneliti, rumput laut memiliki efek inflamASI anti-okular yang telah menunjukkan hasil positif dalam mencegah katarak.

12. Melembabkan kulit

Sebagai sumber mineral, rumput laut membantu merevitalisASI kulit dan menerapkannya dalam bentuk pasta melembabkan kulit juga.(lipo*3/okz)






Berita Lainnya :
 
  • Raih Berbagai Penghargaan, HM Wardan: Jadikan Motivasi bagi Aparatur di Pemkab Inhil
  • DBD Masih Resahkan Masyarakat Teluk Pinang Inhil
  • Bupati Mursini Resmikan Desa Geringging Baru Jadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan
  • Saat Tiba di LAM, Jokowi Disambut Atraksi Pencak Silat
  • Ternyata Ini Alasan LAM Riau Beri Jokowi Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara
  • Ternyata Ini Alasan LAM Riau Beri Jokowi Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara
  • Disambut Gubri dan Ketua DPRD Riau, SBY Salat Jumat di Masjid Bandara SSK II
  • Pemkab Inhil Raih Penghargaan Pembina KUR Terbaik 2018
  • Baru 14,7 Persen UMKM Riau Manfaatkan KUR
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index