Sabtu, 22 09 2018
Follow:
 
Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Cabai untuk Kesehatan

alfi | Lifestyle
Senin, 03/09/2018 | 12:40:29 WIB
JAKARTA, LIPO - SEMUA orang di dunia tentu sudah tidak asing lagi dengan cabai. Seringkali cabai digunakan untuk memberikan efek pedas pada makanan yang dapat meningkatkan selera makan. Alhasil, saat ini banyak orang yang memodifikasi sambal dengan beberapa jenis bahan makanan lainnya sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat.

Berbicara mengenai cabai, selain memberikan efek pedas pada lidah yang mengonsumsinya, tanaman yang satu ini juga mampu memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh Anda. Di balik rasa pedas yang menusuk, terdapat beberapa zat yang sangat baik bagi kesehatan.

Sebagaimana diketahui, zat utama yang terdapat dalam cabai adalah capcaisin, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan sensasi panas yang hebat. Di balik rasa panas tersebut, ternyata mereka dapat meringankan dan mencegah banyak kondisi buruk bagi tubuh.

Penasaran dengan segudang manfaatnya? Menyadur dari Chilly Willy, Senin (3/9/2018), Okezone akan membahas mengenai manfaat cabai bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi cabai memiliki dampak yang sangat positif pada orang-orang yang kelebihan berat badan atau menderita diabetes. Tim peneliti di The University of Tasmania, yang menerbitkan American Journal of Clinical Nutrition, pada bulan Juli 2006, menemukan bahwa makan cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan.

2. Menjaga kesehatan hati

Cabai dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan bertindak sebagai pengencer darah untuk membantu melindungi manusia terhadap stroke. Mengonsumsi makanan dengan cabai setiap hari akan bermanfaat bagi kesehatan hati Anda.

3. Mengurangi peradangan

Capsaicin dikenal mengandung Neuropeptida yang terkait dengan proses inflamasi. Perubahan cabai terkait dalam protein plasma telah dilaporkan pada pasien dengan penyakit auto-inflamasi seperti rheumatoid dan arthritis.

Asupan cabai secara teratur dapat membantu meminimalkan efek penyakit ini pada tubuh. Capsaicin juga berfungsi sebagai pereda nyeri yang efektif tanpa efek mati rasa yang biasanya dikaitkan dengan anestesi.

4. Memberikan efek terapi pada tubuh

Banyak penelitian sekarang mengungkapkan bahwa cabai dapat memiliki efek terapi pada tubuh, memungkinkan seseorang untuk lebih mudah rileks. Capsaicin memblokir bahan kimia alami yang disebut Substance P, yang menimbulkan persepsi rasa sakit.

Akibatnya, cabai dapat bermanfaat dalam meredakan dan mencegah masalah umum seperti sakit kepala, migrain dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh masalah sinus. Efek ini juga memungkinkan seseorang untuk bersantai dengan lebih mudah.

5. Melancarkan saluran pernapasan

Cabai sangat bagus, cepat dan efektif memperlancar saluran hidung Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk bernapas lebih mudah. Meski demikian, Anda mungkin akan terengah-engah setelah mendapatkan efek ini ketika cuaca sedang panas.(lipo*3/okz)



Berita Lainnya :
 
  • Sindikat Curanmor di Masjid Dibekuk, Tiga Pelaku Anak di Bawah Umur
  • Ustadz Abdul Somad Disambut Antusias di Papua Barat
  • Nenek Berusia 104 Tahun Senang Dapat Bantuan dari Tim JB Polresta Pekanbaru
  • Jumlah Pemohon SKCK di Inhil Meningkat Jelang Pendaftaran CPNS
  • Polisi Musnahkan Narkoba Dari Malaysia Rp5,16 Miliar
  • 7.409 Honorer Pemrov Riau Dijaring BPJS Kesehatan Jadi Peserta JKN-KIS
  • 12 Media Terima Penghargaan Dari Bawaslu
  • Sat Reskrim Polres Inhil Amankan 130 Dus Rokok Ilegal
  • Sat Reskrim Polres Inhil Amankan 130 Dus Rokok Ilegal
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index