Sabtu, 22 09 2018
Follow:
 
Turunkan Hipertensi dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

alfi | Lifestyle
Jumat, 14/09/2018 | 15:41:51 WIB
JAKARTA, LIPO - SAAT seseorang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, kondisi kesehatannya kerap terganggu. Kalau tensi Anda mendadak tinggi, bisa diturunkan dengan konsumsi beragam jenis makanan.

Gangguan hipertensi seiring waktu membuat laju aliran darah lebih tinggi dari orang normal. Akibatnya, dapat menyebabkan pembuluh darah rusak dan mengarah pada penyakit jantung, stroke, hingga masalah ginjal.

Penyakit ini nampaknya tak hanya banyak diderita oleh lansia. Maka itu, sejak muda Anda harus waspada ancaman hipertensi. Mulai sekarang, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung rendah sodium dan kaya potasium, kalsium dan magnesium. Makanan tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah atau membantu menormalkan tekanan darah Anda.

Nah, khusus penderita hipertensi, kalau tekanan darah di tensi mendadak tinggi angkanya, segera konsumsi lima pilihan makanan berikut ini. Simak ulasannya, dilansir Okezone dari Thehealthsite, Jumat (14/9/2018).

Blueberry

Segenggam blueberry kaya akan senyawa yang disebut flavonoid. Satu studi menemukan bahwa flavonoid dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Maka itu, buah ini sangat cocok dikonsumsi ke dalam menu diet Anda.

Buah bit

Buah bit adalah makanan lain yang efektif menurunkan tekanan darah. Buah itu mengandung nitrat oksida yang tinggi sekali. Nitrat oksida membantu membuka pembuluh darah, sekaligus menurunkan tekanan darah. Dalam satu penelitian, ditemukan bahwa nitrat yang terkandung dalam buah bit dapat menurunkan tekanan darah dalam 24 jam.

Biji rami

Makan biji rami telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik, kurang lebih selama 6 bulan khusus pada orang dengan hipertensi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension, ada empat senyawa baik yang dikandung biji rami. Antara lain yaitu asam alfa linolenik, lignan, peptida dan serat. Manfaatnya diyakini menjadi alasan untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda alami.

Cokelat

Dark chocolate, dengan 70% cocoa kaya flavanols yang dapat mengurangi tekanan darah. Banyak penelitian lain juga menunjukkan bahwa polifenol dalam produk cokelat dikaitkan dengan pembentukan oksida nitrat, yang membantu menjaga tekanan darah. Anda harus memperbanyak makan cokelat saat angka tekanan darah dalam tensi terdeteksi tinggi sekali.

Kacang pistasio

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hipertensi mengamati, seseorang yang konsumsi pistasio, berguna untuk mengontrol kolesterol LDL tinggi. Jika Anda konsumsi satu atau dua porsi pistasio setiap hari, selama empat minggu, hasilnya tekanan darah sistolik jadi lebih rendah. Diperkirakan bahwa kacang pistasio dapat mengurangi penyempitan pembuluh darah perifer, sehingga baik untuk kesehatan Anda.(lipo*3/okz)



Berita Lainnya :
 
  • Sindikat Curanmor di Masjid Dibekuk, Tiga Pelaku Anak di Bawah Umur
  • Ustadz Abdul Somad Disambut Antusias di Papua Barat
  • Nenek Berusia 104 Tahun Senang Dapat Bantuan dari Tim JB Polresta Pekanbaru
  • Jumlah Pemohon SKCK di Inhil Meningkat Jelang Pendaftaran CPNS
  • Polisi Musnahkan Narkoba Dari Malaysia Rp5,16 Miliar
  • 7.409 Honorer Pemrov Riau Dijaring BPJS Kesehatan Jadi Peserta JKN-KIS
  • 12 Media Terima Penghargaan Dari Bawaslu
  • Sat Reskrim Polres Inhil Amankan 130 Dus Rokok Ilegal
  • Sat Reskrim Polres Inhil Amankan 130 Dus Rokok Ilegal
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index