Rabu, 27 Maret 2019
Follow:
 
Ini 3 Langkah Mudah Mengatasi Nyeri Punggung Bagian Bawah

alfi | Lifestyle
Sabtu, 03/11/2018 | 10:49:26 WIB
JAKARTA, LIPO - MASYARAKAT perkotaan sekarang ini tampaknya semakin sering mengalami nyeri punggung bagian bawah atau low back pain. Aktivitas sehari-hari yang membuat mereka lebih sering duduk menjadi salah satu pemicunya.

Hitung saja waktu yang dihabiskan untuk duduk di depan layar komputer demi menyelesaikan pekerjaan atau duduk di belakang kemudi kendaraan pribadi seperti mobil dan motor di tengah kemacetan.

“Saat duduk, tinggi badan menjadi lebih panjang dari pada saat kita duduk karena saraf meregang. Oleh karena itu, usahakan setiap 1 jam duduk diselingi dengan berdiri atau berjalan-jalan selama 5-6 menit,” ujar dokter spesialis bedah saraf, Dr. dr. Wawan Mulyawan SpBS(K), SpKP saat ditemui Okezone dalam sebuah acara, Jumat (2/11/2018) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Selain terlalu lama duduk, kelebihan berat badan juga bisa menjadi faktor pemicu nyeri punggung bagian bawah. Sebab beban yang harus ditopang menjadi lebih berat.

Aktivitas berlebihan seperti berolahraga juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Oleh karenanya beberapa ahli menyarankan waktu untuk latihan tidak lebih dari 1 jam.

Apabila Anda sudah terlanjur merasakan nyeri pinggang bagian bawah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Mulai dari beristirahat, mengonsumsi obat-obatan yang dijual di pasaran atau berdasarkan resep dokter, melakukan fisioterapi, dan teknik intervensi. Ada pula langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri.

“Kalau sudah mulai terasa nyeri pinggang, jalan cepat itu bagus lebih kurang 5-6 km perjam. Lakukan seminggu sebanyak 150 menit atau 3-5 kali. Sebulan pertama memang terasa nyeri karena otot belum kuat. Tapi makin lama menjadi biasa karena otot pinggang makin kuat,” ujar dr Wawan.

Selain berjalan, bisa juga berenang dengan gaya bebas atau katak. Air akan menurunkan beban pada tubuh. Dijelaskan oleh dr Wawan, berenang dapat melakukan relaksasi pada otot-otot. Tak hanya itu, berenang juga tujuannya membentuk otot punggung back exercise.

“Kalau mau olahraga lain, umumnya 1 jam, jangan lebih. Sebab bisa muncul kelelahan, malah bikin nyeri baru. Terus lakukan peregangan dan pelemasan agar otot tidak kaku. Kalau kaku malah bikin nyeri lagi,” ujar dokter yang berpraktek di Brain and Spine Bunda Neuro Center Jakarta itu.

Tak hanya cara-cara di atas, postur tubuh juga harus menjadi perhatian. Hindari posisi yang cenderung condong ke depan baik berdiri maupun duduk karena dapat memprovokasi rasa nyeri. “Kalau berdiri usahakan tegak. Kalau postur duduk bagi yang mempunyai bakat keluhan, lebih baik menyandar ke kursi. Tapi kasih bantal di pinggang bagian bawah biar tidak ada jarak. Jarak itu bisa memicu nyeri juga,” pungkas dr Wawan.(lipo*3/okz)






Berita Lainnya :
 
  • Bersama Pihak Terkait, Sejumlah Anggota DPRD Riau Tahan Truk CPO PT Adei
  • Disdukcpil Kuansing Segera Cetak 10.650 Keping E-KTP
  • Pemkab Inhil Terima CSR dari Bank Riau Kepri
  • Fenomena Caleg dan Capres Jelang Pileg dan Pilpres
  • Bupati Inhil Lantik Pengurus TP-PKK dan Kukuhkan Pengurus K3S Periode 2018-2023
  • Dandim 0314/Inhil Komit Tingkatkan Silaturrahmi Dengan Seluruh Elemen Masyarakat
  • Pelantikan Tunggu SK Mendagri, Asri Auzar Resmi Gantikan Noviwaldi Jusman
  • Pengawas TPS Pucuk Rantau Diharapkan Bersikap Netral dan Tidak Arogan
  • Hadiri Malam Puncak HPN Riau 2019, DPRD Kuansing Apresiasi Kinerja PWI
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index