Sabtu, 15 Desember 2018
Follow:
 
Tak Cuma Jadi Bumbu Masakan, Ini Segudang Manfaat Kesehatan dari Bawang

alfi | Lifestyle
Kamis, 15/11/2018 | 10:22:35 WIB
Jakarta, LIPO - BAWANG yang selalu terlihat di dapur untuk menemani Anda memasak, begitu pentingnya untuk menghasilkan rasa nikmat dalam makanan. Meski pun ada beberapa orang yang kurang menyukai rasa atau bau dari bawang tersebut.

Yang harus Anda ketahui, ternyata bawang ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Organisasi Kesehatan Dunia mengakui kemampuan bawang untuk membantu infeksi pernafasan dan penyakit paru-paru lainnya.

Bawang memiliki kandungan sulfur yang tinggi dengan sifat antiseptik dan antibiotik, bahkan dapat membantu untuk melawan kanker. Hingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menstabilkan kadar insulin, menjaga arteri tetap bersih, dan membantu menjaga radang sendi.

Simak agar mengetahui penyakit apa saja, dan berikut ada beberapa tips mengolah bawang untuk kesembuhan, dilansir dari Shared, Kamis (15/11/2018).

Rasa panas dalam bawang merah bisa menyerang mikroorganisme yang menyebabkan batuk, hingga membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Irislah beberapa siung bawang merah lalu direbus, saring dan tuangkan air dalam gelas. Setelah itu bisa campurkan dengan 1 sendok makan gula merah atau madu agar terasa manis.

 
Dada sesak

Tumbuk bawang putih secukupnya, dengan menambahkan minyak kelapa sampai berbentuk pasta. Oleskan hingga merata dibagian dada agar bisa terhirup, hingga mengeluarkan lendir dari paru-paru yang membuat sesak.

Sakit tenggorokan

Geprek bawang merah atau putih, masukan kedalam gelas yang berisi air hangat, dengan campuran madu. Kumur-kumur dengan agak menahannya di dalam mulut, agar aroma dan uap yang dihasilkan bisa masuk ke rongga-rongga tenggorokan.

Infeksi telinga

Potong bawang hingga kecil-kecil, dan masukan ke dalam kain atau kaus kaki bersih. Lalu tahan atau ikatkan pada telinga sampai rasa sakit berkurang.

Muntah-muntah

Jus bawang merah atau bombay, dengan memasukan 2 sendok makan ke dalam segelas teh hijau, juga papermint hangat dan bisa menggantinya bersama wedang jahe. Ramuan ini sangat ampuh karena ada kandungan antimikrobial dan antioksidan.

Demam

Oleskan tumbukan bawang yang sudah dicampur dengan minyak kelapa, pada telapak kaki yang bersih. Lalu masukan kaki anda ke dalam pelastik, dan pakailah kaus kaki agar lebih erat hingga terasa hangat. Ini akan menarik bakteri dan racun yang menyebabkan demam dan membantu mengeluarkannya dari tubuh Anda.

Mengatasi kerontokan

Rebuskan beberapa siung bawang dengan sejumlah air yang cukup untuk membersihkan kepala Anda. Gunakan saat mandi jika ingin menggunakan sampo, hal ini juga sangat membantu mengatasi ketombe.

Bentol karena nyamuk

Oleskan irisan bawang pada kulit yang terkena gigitan nyamuk, diamkan saja sampai mengering dan rasa gatal hilang juga mengempes.

Jerawat

Sebenarnya hal ini akan terasa perih juga panas dikulit, tetapi tenang saja karena proses itu tidak akan lama. Oleskan pada bagian jerawat yang baru ingin tumbuh, semua itu dilakukan agar menghalangin perkembangan jerawat.(lipo*3/okz)





Berita Lainnya :
 
  • Ternyata Ini Alasan LAM Riau Beri Jokowi Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara
  • Ternyata Ini Alasan LAM Riau Beri Jokowi Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara
  • Disambut Gubri dan Ketua DPRD Riau, SBY Salat Jumat di Masjid Bandara SSK II
  • Pemkab Inhil Raih Penghargaan Pembina KUR Terbaik 2018
  • Baru 14,7 Persen UMKM Riau Manfaatkan KUR
  • Enam Warga Meninggal Dalam Bencana Banjir Riau
  • Gerakan Anti Hoax Goes to School Isi Masa Libur Al Huda
  • Ingin Sukses, Marlis Syarif Ingatkan Siswa Patuhi dan Hormati Orangtua dan Guru
  • Gelar Seminar dan Talk Show, Fokus Ornop Inhil Datangkan Ketua KY
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index