Minggu, 24 Maret 2019
Follow:
 
Ini Ternyata Alasan Bayam Sebaiknya Dikonsumsi Mentah

alfi | Lifestyle
Rabu, 26/12/2018 | 10:16:10 WIB
STOCKHOLM, LIPO - Penelitian baru di Eropa telah menemukan konsumsi bayam mentah dalam bentuk smoothie atau jus adalah cara terbaik mendapatkan antioksidan lutein. Apalagi ketika lemak sehat ditambahkan untuk membantu penyerapan.

Penelitian ini dilakukan di Universitas Linkoping Swedia. Studi baru ini melihat berbagai cara mempersiapkan bayam untuk memaksimalkan jumlah lutein yang tersedia setelah memasak.

Seperti yang dilansir di Malay Mail, Selasa (25/12), lutein adalah pigmen larut lemak alami yang ditemukan pada tanaman. Sayuran hijau gelap mengandung kadar lutein sangat tinggi. Namun, seperti banyak nutrisi lainnya, kadar lutein berkurang jika dimasak.

Para peneliti memilih mempelajari bayam karena mengandung tingkat lutein yang tinggi. Bayam juga merupakan salah satu sayuran hijau gelap yang lebih populer.

Untuk mereplikasi cara pembuatannya di rumah, tim membeli 'baby spinach' atau bayam muda di supermarket. Mereka kemudian menggoreng, mengukus, atau merebusnya hingga 90 menit. Kemudian mereka mengukur kandungan lutein pada waktu yang berbeda.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry ini menunjukkan waktu pemanasan dan metode memasak sama-sama penting untuk mempertahankan lutein. Semakin lama bayam direbus, semakin sedikit lutein yang tersisa.

Ketika bayam digoreng pada suhu tinggi, sejumlah besar lutein hilang setelah hanya dua menit. Menurut penulis studi Lena Jonasson mengatakan yang unik tentang penelitian ini adalah penggunaan metode persiapan yang sering digunakan saat memasak makanan di rumah.

“Kami telah membandingkan beberapa suhu dan waktu pemanasan. Kami juga telah menyelidiki metode persiapan di mana bayam dimakan dingin, seperti dalam salad dan smoothie,” kata Jonasson.

Tim juga melihat efek memanaskan bayam dalam microwave sebagai bagian dari makan siang kemasan. Mereka menemukan pemanasan gelombang mikro tampaknya membuat lebih banyak lutein dilepaskan dari bayam dan tersedia bagi tubuh. Struktur tanaman diuraikan lebih jauh oleh gelombang mikro.

Namun, para peneliti menyimpulkan yang terbaik adalah memakan bayam mentah. Penulis studi utama Rosanna Chung mengungkapkan hal terbaik adalah tidak memanaskan bayam sama sekali.

Lebih baik lagi membuat smoothie dan menambahkan lemak produk susu, seperti krim, susu, atau yoghurt. “Ketika bayam dipotong kecil-kecil, lebih banyak lutein yang dilepaskan dari daun dan lemak meningkatkan kelarutan lutein dalam cairan,” ujar Chung.

Dalam studi sebelumnya, tim menemukan lutein dapat mengurangi peradangan pada sel kekebalan tubuh dari pasien dengan penyakit arteri koroner. Peradangan kronis tingkat rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung. Mereka juga menunjukkan lutein dapat disimpan dalam sel kekebalan yang berarti mungkin untuk membangun cadangan lutein di dalam tubuh seseorang.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • DAK Fisik Kuansing 2019 Capai Rp131,5 Miliar, Ini Kata Mursini
  • Launching Aplikasi e-Sikap Versi Dua, Kadis Kominfo: Ini Fungsinya
  • Dinas PUPR Pekanbaru Diminta Segera Perbaiki Jalan Rusak
  • Hadapi Pemilu, Sekda Bengkalis Imbau Masyarakat dan ASN Tidak Share Berita Bohong
  • Jelang Pemilu April Mendatang, Polres Kuansing Gelar Apel Pasukan
  • Dapatkan Informasi Kondisi Cuaca, Kuansing Perlu Alat HVHS
  • UKW PWI 2019 Berjalan Sukses, SKK Migas Sumbagut Janji Terus Menyuport
  • 100 Hari Kerja Bupati dan Wabup Inhil, 240 Masyarakat Ikuti Operasi Katarak Gratis
  • Bawaslu Kuansing Laksanakan Bimtek TOT Bagi Fasilitator Panwaslu Kecamatan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index