Sabtu, 24 08 2019
Follow:
 
Ini 6 Khasiat Tak Terduga Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh

alfi | Lifestyle
Senin, 15/07/2019 | 12:03:03 WIB
LIPO - Tanaman yang tumbuh di sekitar dan tidak berbahaya seringkali dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Entah itu buahnya kalau ada, batangnya, maupun daunnya. Salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan adalah mangga.

Selama ini tanaman mangga yang paling sering dimanfaatkan hanyalah buahnya saja. Buah mangga memang mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi tahukah Anda jika sebenarnya daun mangga juga memberikan manfaat kesehatan yang tak kalah hebat?


Melansir Boldsky, inilah 6 manfaat kesehatan dari daun mangga:

1. Mengontrol diabetes tipe 2

Daun mangga dianggap berguna untuk mengendalikan diabetes karena mengandung tanin yang disebut antosianidin. Zat tersebut membantu pengobatan diabetes. Untuk mendapatkan manfaat ini, biasanya daun mangga dikeringkan lalu dijadikan bubuk atau digunakan sebagai infus untuk mengobati diabetes.

2. Meningkatkan fungsi kognitif

Masih berkaitan dengan manfaat terhadap diabetes tipe 2, daun mangga juga bisa mencegah terjadinya demensia. Diabetes tipe 2 seringkali meningkatkan faktor risiko penyakit Alzheimer dan demensia vascular. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Brain Pathology, ekstrak daun mangga meningkatkan patologi sentral dan mencegah gangguan kognitif pada pasien diabetes tipe 2.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut sebuah penelitian di Journal of Hospital Medicine Mesir, mangga membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki sifat hipotensi. Konsumsi daun mangga membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati varises.

4. Mengobati asma

Masalah pernapasan termasuk asma dapat diobati dengan bantuan daun mangga. Orang yang menderita bronkitis, asma, dan pilek dapat meminum rebusan daun mangga yang dicampur dengan air dan sedikit madu.

5. Menyembuhkan disentri

Sifat antibakteri dan antimikroba daun mangga efektif terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Salmonella typhimurium. Staphylococcus aureus adalah patogen bakteri yang menyebabkan berbagai infeksi dan Salmonella typhimurium juga merupakan penyebab utama infeksi bakteri pada manusia.

6. Meningkatkan kesehatan perut

Daun mangga memiliki sifat gastroprotektif yang melindungi perut dari berbagai penyakit lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah memasukkan beberapa lembar daun mangga ke segelas air hangat dan biarkan semalaman. Kemudian pagi harinya saring air dan minum.(lipo*3/okz)



Berita Lainnya :
 
  • Tabrak Tronton Parkir di Rohil, 5 Penumpang Bus PMH Meninggal Dunia
  • Lepas Kontingan O2SN Riau ke Semarang dan Aceh, Ini Harapan Gubri Syamsuar
  • Ancam Tembak Kasatpol PP Pekanbaru, Pejabat BNN Ngaku Cuma Bawa Pistol Air
  • Indonesia Pastikan Tiket Final Ganda Putra Kejuaraan Dunia
  • Juara Bertahan Siposan Rimbo dan Limbago Melaju ke Hari Ketiga, Singa Kuantan Tumbang
  • Dinilai Punya Potensi, Sekda Kabupaten Siak Bahas Usaha Ekonomi Kreatif
  • Cak Imin Restui Ade Agus Hartanto Maju di Pilkada Inhu 2020
  • Tinjau Puskesmas Sungai Salak, Wabup SU Harap Pelayanan di Fasyankes Ditingkatkan
  • Peduli Korban Kebakaran, Marlis Syarif dan MPI Bagikan 300 Nasi Bungkus
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index