Selasa, 28 Januari 2020
Follow:
 
Ini 5 Manfaat Konsumsi Jantung Pisang yang Wajib Anda Tahu

| Lifestyle
Senin, 30/12/2019 | 07:02:38 WIB
JAKARTA, LIPO - Ada beragam manfaat yang dapat diperoleh dari jantung pisang. Biasanya, jantung pisang dapat ditumis, digoreng, atau dijadikan gulai. Selain rasanya yang lezat, jantung pisang menyimpan segudang manfaat bagi tubuh.

Manfaat makan jantung pisang untuk kesehatan
Jantung pisang dianggap sebagai bagian dari sayuran di wilayah Asia Tenggara. Sama seperti sayuran lainnya, jantung pisang begitu kaya akan kandungan nutrisinya seperti:

    vitamin A
    vitamin C
    vitamin E
    beragam mineral
    asam lemak
    flavonoid
    tanin
    saponin
    glikosida
    steroid

Dari beragam kandungan inilah yang memberikan manfaat pada jantung pisang saat dikonsumsi. Jika Anda salah satu penggemar jantung pisang, berikut manfaat yang dapat diperoleh:


1. Mengatasi pembesaran prostat jinak
Jantung pisang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pembesaran prostat jinak atau benign prostatic hyperlapsia. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria dan ditandai dengan melemahnya kandung kemih, sehingga urine tidak keluar seluruhnya.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak jantung pisang membantu mengurangi pembesaran prostat dan memperbaiki morfologi kelenjar prostat. Ekstrak jantung pisang mengandung asam sitrat, taurin, asam pantotenat, dan nikotinat.

Senyawa tersebut mampu menjadi agen antiinflamasi dan antiprofilerasi (menghambat pertumbuhan sel) pada pasien pembesaran prostat jinak.

2. Menangkal radikal bebas
Radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat, autoimun, gangguan kardiovaskular dan lainnya. Di sini, jantung pisang membawa manfaat untuk menangkal radikal bebas.

Ekstrak jantung mengandung tinggi antioksidan yang mampu mencegah stres oksidatif. Senyawa polifenol dan flavonoid dari ekstrak jantung pisang dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA akibat iron-mediated fenton (reaksi dari senyawa radikal bebas).

Efek dari konsumsi jantung pisang dapat memberikan perlindungan terhadap efek radikal bebas.

3. Mendukung diet sehat
Kombinasi jantung pisang dan pseudostem (batang tengah pisang) dapat memberikan pemenuhan nutrisi secara sehat. Pasalnya, jantung pisang diteliti memiliki sumber yang baik akan nutrisi makro dan mikro.

Tak hanya itu, asam linoleat dalam jantung pisang dapat meningkatkan kerja imunitas tubuh melalui kandungan antioksidan. Sebelumnya pun disebutkan bahwa kandungan antioksidan ini bekerja untuk menangkal radikal bebas.

Karena sifatnya yang kaya akan nutrisi, Anda bisa memasukkan jantung pisang ke dalam menu diet tinggi serat yang sehat.

4. Melindungi tubuh dari bakteri
Tak hanya melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, jantung pisang memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri. Jantung pisang diyakini mengandung tinggi protein.

Jantung pisang yang diekstraksi mengandung asam amino dan peptida. Isolasi protein ini secara signifikan melawan bakteri gram positif dan negatif. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi diare, pneumonia, dan kolera.

Oleh karenanya, konsumsi jantung pisang dapat mendukung imunitas tubuh dari infeksi penyakit akibat bakteri.

5. Mengurangi komplikasi diabetes
Jantung pisang membawa manfaat untuk mengurangi komplikasi diabetes melitus. Salah satu komplikasi terkait diabetes adalah hiperglikemia.

Kombinasi jantung pisang dan pseudostem (bagian tengah batang pisang) mampu mengurangi hiperglikemia dan komplikasi diabetes seperti diabetic nephropathy (komplikasi diabetes pada ginjal)

Dapat disimpulkan bahwa konsumsi jantung pisang bersama pseudostem, secara alami mampu menurunkan risiko komplikasi diabetes.

Untuk meraih manfaat spesifik jantung pisang, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak. Namun, tak ada salahnya untuk menyertakan dalam menu diet sebagai pemenuhan nutrisi harian.(lipo*3)



Berita Lainnya :
 
  • Tingkatkan Disiplin dan Kemampuan Dasar Prajurit, Kodim 0314/Inhil Laksanakan Minggu Militer
  • Heboh Virus Corona, RSUD PH Tembilahan Sediakan Tenaga Medis dan Ruang Perawatan Khusus
  • Bupati Wardan Minta APKL Berperan Aktif Tingkatkan Kesejahteraan Pedagang
  • Musrenbang di Kecamatan Peranap, Camat Usulkan 194 Prioritas Pembangunan
  • Enam Warga Riau di Wuhan Cina Dalam Kondisi Sehat
  • Tagih Utang, Nyawa Warga Bagan Punak Rohil Ini Melayang
  • Sekda Yan Prana: Asesmen Jabatan Eselon II Ditargetkan Maret
  • DPR Desak Menteri ESDM Umumkan Tak Ada Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg
  • Kepala BKD: 43 Dinyatakan Gugur, 198 Tidak Memenuhi Passing Grade
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index