Kamis, 24 Januari 2019
Follow:
 
Walikota Ajak PNS Terus Berbagi Melalui Zakat

beye | Advertorial
Kamis, 12/05/2016 | 18:21:20 WIB
PEKANBARU, Lipo-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru terus memberikan bantuan kepada ribuan siswa dan keluarga kurang mampu yang bersekolah di Pekanbaru.

Bantuan yang diberikan tersebut berasal dari zakat profesi guru, pengawas sekolah dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemko Pekanbaru.
  
Baru-baru ini Secara simbolis Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT mendistribusikan Dana Zakat Tahap II Tahun 2016, yang difasilitasi oleh Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru, sementara untuk pengelolaan tingkat Dinas Pendidikan, dibentuk UPZ (Unit Pengelolaan Zalat) Dinas Pendidikan Pekanbaru.
  
Sejak digulirkan pada tahun 2013 lalu, hingga kini zakat profesi guru, pengawas sekolah dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemko Pekanbaru sudah terkumpul lebih dari Rp11 miliar, dan 60 persennya atau sekitar Rp 6,5 miliar sudah disalurkan kepada mustahiq zakat atau orang yang berhak menerima zakat.
  
Untuk peruntukan penyaluran zakat ini, diwujudkan dalam 4 program, diantaranya program Pekanbaru Makmur, Pekanbaru Cerdas, Pekanbaru Peduli dan Pekanbaru Sehat.

Selain memberikan beasiswa yang berasal dari zakat profesi, Pemko Pekanbaru juga memberikan beasiswa permanen untuk siswa yang berprestasi.
  
"Dengan ini, semoga biaya pendidikan mereka dapat terpenuhi," kata walikota.
  
Lebih jauh disebutkan Firdaus, selama ini Pemko Pekanbaru rutin memberikan bantuan kepada masyarakat dari berbagai program, seperti Pekanbaru Peduli. Dimana, Pemko Pekanbaru langsung memberikan bantuan logistik kepada  masyarakat kurang mampu.
  
"Yang jelas kalau untuk bantuan, kita akan semaksimal mungkin memberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Bantuan yang kita berikan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi keluarga supaya keluar dari kemiskinan," terang Wako.
  
Penguatan sektor Sumber Daya Manusia (SDM) terus dioptimalkan Pemerintah Kota Pekanbaru. Terbukti, bagi siswa kurang mampu, mendapat porsi perhatian khusus, agar ia tetap bisa mendapatkan pendidikan layak.
  
Penguatan yang dimaksud kini terus digesa, seperti dengan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Beasiswa Zakat Guru (BZG) dan Beasiswa Orangtua Asuh.
  
"Para guru (muslim) yang gajinya di atas Rp 3,7 juta, dipotong zakat profesinya sebesar 2,5 persen dimulai pada tahun 2013 lalu, sampai sekarang totalnya sudah terkumpul Rp 11 miliar dan baru disalurkan sekitar Rp 6,5 miliar," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal
menambahkan.
  
Dalam penyalurannya, pihak sekolah, melalui kepala sekolah bersangkutan, yang mengusulkan nama-nama siswa yang dinilai layak dan patut untuk mendapatkan bantuan beasiswa dari dana zakat ini.
  
"Mereka yang menerima berdasarkan usulan masing-masing sekolah, yang kemudian
kita verifikasi," terangnya.
  
Tak hanya itu saja, program bantuan beasiswa Orangtua Asuh juga diberikan oleh Pemko Pekanbaru. Bantuan ini bisa berlaku untuk setahun, yang meliputi biaya baju, uang sekolah, uang buku dan lainnya. Pesertanya juga bisa dari sekolah-sekolah swasta.
  
"Tapi seleksinya sangat ketat dan ada tim yang meverifikasi atas kelayakan peserta didik untuk bisa menerima bantuan ini. Dan semua program ini sudah berjalan dengan baik dan kita terus melakukan berbagai evaluasi sebagaimana arahan Pak Walikota," ujarnya.
  
Selain itu, saat ini Pemerintah Kota Pekanbaru sedang melakukan evaluasi uang komite yang diberlakukan selama ini di sekolah-sekolah negeri.

"Uang komite yang nilainya sekitar Rp 200-an ribu pada jenjang pendidikan SMA atau SMK, akan kita evaluasi. Kemungkinan akan diturunkan sampai 40 persen.  Sehingga tidak memberatkan orangtua," tuturnya mengakhiri. (Desi/Adv/Humas Pemko)



Berita Lainnya :
 
  • Luncurkan DMIJ Plus Terintegrasi, Bupati Wardan Ungkap Telah Siapkan Berbagai Terobosan
  • KPUD dan Bawaslu Sosialisasi Pemilu 2019 di Makodim 0314/Inhil
  • Sebagian Wilayah Riau Akan Diguyur Hujan Hari Ini
  • DPRD dan Pemkab Bengkalis Kunjungi Bank Riau Kepri untuk Rencana Penambahan Modal
  • Gubri Terpilih Menginginkan Bank Riau-Kepri Murni Syariah
  • 3 Pemuda Ditangkap Ketahuan Bawa 15 Kg Sabu dari Malaysia Pakai Perahu Kayu
  • Waw, Kecipratan Uang Panas Proyek Meikarta, Puluhan Legislator Bekasi Dibidik KPK
  • Babinsa Koramil 02/KT Kopda Parman Edi Lakukan Giat Pemantauan Hama Cabai Rawit Di SMKN 1 Sentajo R
  • KPU Inhil Paparkan Bahan Kampanye Yanh Bisa Dimanfaatkan Caleg Saat Pileg
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index