Senin, 22 Juli 2019
Follow:
 
100 Hari Kerja Bupati dan Wabup Inhil, 240 Masyarakat Ikuti Operasi Katarak Gratis

Elfi | Inderagiri Hilir
Jumat, 22/03/2019 | 20:09:11 WIB
TEMBILAHAN, LIPO - Sebanyak 240 masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengikuti Operasi Katarak Gratis, dalam rangka 100 hari kerja Bupati HM Wardan dan Wakil Bupati H Syamsuddin Uti periode 2018-2023, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan, Jum'at 22 Maret 2019.

Kegiatan yang digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Inhil bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan RSUD Puri Husada Tembilahan ini, dihadiri oleh Bupati HM Wardan dan sejumlah Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil, Unsur Forkopimda, pengurus Baznas Provinsi Riau dan Kabupaten Inhil, serta undangan lainnya.

Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, dr Saut Pakpahan menjelaskan, operasi katarak ini dilakukan langsung oleh tim dokter dari Perdami wilayah Riau, Sumatera Barat (Sumbar) dan Pusat, yang berjumlah sebanyak 12 orang serta ditambah tenaga kesehatan lainnya.

"Masyarakat yang mendaftar untuk mengikuti operasi ini berjumlah sebanyak 624 orang, namun sasaran kegiatan kali ini adalah 240 penderita katarak. Jadi bagi yang belum, akan diikutsertakan pada kegiatan berikutnya," ujar Saut Pakpahan.

Ketua Baznas Inhil, HM Yunus Hasby mengungkapkan bahwa untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya telah mengalokasikan dana sebesar Rp 380 juta, setelah sebelumnya pada awal tahun disalurkan zakat sebesar Rp 169 juta.

"Jadi, total keseluruhan zakat yang sudah disalurkan adalah sebesar Rp 549 juta. Ini merupakan pendistribusian terbesar untuk triwulan pertama tahun 2019," terangnya.

Sementara itu, Bupati HM Wardan berharap agar kegiatan tersebut dapat terus ditingkatkan kedepannya, apalagi saat ini peringkat Baznas Kabupaten Inhil berada diposisi ketiga dari 12 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

"Ini harus menjadi motivasi bagi Baznas Inhil, untuk terus meningkatkan kinerja ke depan," katanya.

Bupati Inhil yang dikenal agamis ini juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah memenuhi syarat sebagai Muzakki agar mengeluarkan zakatnya, karena perintah membayar zakat ini sama dengan perintah shalat.

"Melalui kesempatan ini, selaku pimpinan daerah saya menganjurkan kepada masyarakat yang sudah memenuhi syarat wajib, untuk mengeluarkan dan memberikan zakatnya, sehingga masyarakat yang membutuhkan dapat merasakan," tambah Bupati Wardan.

Selanjutnya, Bupati Inhil dua periode ini menegaskan bahwa dirinya tidak ingin mendengar Baznas menggunakan uang yang diterima dari para Muzakki untuk membayar operasional kantor atau honor pegawai, karena Pemkab Inhil sudah mengalokasikan anggaran bagi Baznas sekitar Rp 2 miliyar pertahun.

"Jadi bapak/ibu yakinlah kepada Baznas, untuk pengelolaan zakat disalurkan saja melalui Baznas," tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatangan MoU antara Pemkab Inhil, RSUD Puri Husada Tembilahan, Baznas dan Perdami. Kemudian, juga diserahkan bantuan dan uang saku kepada pasien yang akan mengikuti operasi katarak.(adv/Diskominfops/lipo*7)



Berita Lainnya :
 
  • Kejari Inhu Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Makan & Minum MTQ Tahun 2017
  • DKP Inhil Gelar FGD Peningkatan Ekonomi Produktif Pelaku Usaha Perikanan
  • Ini Cara Meredakan Sakit Lutut Saat Tidur
  • MK Hentikan 14 Perkara Sengketa Pileg 2019, Satu dari Riau
  • Meriahkan Hari Bhakti Adhyaksa ke-59, Bupati Inhil Ikuti Jalan Santai
  • Bupati Inhil Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Kayu Jati
  • MUI Riau Setuju Tes Narkoba Jadi Syarat Menikah
  • Lepas 303 JCH Kuansing Berangkat ke Tanah Suci, Ini Pesan Wabup Halim
  • Diikuti 211 Peserta MA, MTS dan MI, Kemenag Buka KSM Tingkat Kabupaten Bengkalis
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index