Rabu, 19 09 2018
Follow:
 
Liburan Juga Bisa Bikin Stres
Ini 5 Cara Untuk Mencegahnya

alfi | Travelling
Selasa, 02/08/2016 | 10:36:03 WIB
Jakarta, LIPO-Semua orang butuh piknik, butuh liburan untuk menyegarkan kembali pikiran yang suntuk karena rutinitas sehari-hari. Para peneliti bahkan sudah membuktikan kalau berlibur bisa menurunkan kadar stres secara signifikan.


Tetapi tak selamanya liburan bisa menjadi obat stres mujarab. Tak jarang acara travelling yang seharusnya menyenangkan justru berakhir runyam. Bukannya merasa 'tercerahkan' kembali, pikiran jadi semakin ruwet.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan pengalaman terbaik saat liburan? Simak tips-tips berikut.

Pilih destinasi wisata yang paling sesuai dengan kebutuhanmu

Kalau ketenangan yang kamu cari, berlibur ke kota lain cuma akan membuatmu semakin stres. Pasalnya, kamu akan menemui hiruk pikuk yang sama di tempat tujuan.

Begitu juga sebaliknya, jika kamu ingin mencoba meriahnya hiburan malam atau festival musik. Di saat seperti ini, menikmati wisata alam akan membuatmu bosan.

Sebisa mungkin hindari peak season

Jika tempat yang akan kamu kunjungi tidak tergantung musim, sebaiknya hindari high season, apalagi peak season. Pengunjung yang tumpah ruah akan mengurangi keseruan pengalaman liburanmu. Lain soal kalau yang kamu inginkan adalah melihat bunga musim semi atau jenis atraksi wisata lain yang hanya bisa dijumpai pada waktu tertentu.

Hindari travelling dengan partner yang kurang cocok denganmu

Tak perlu memaksakan diri berlibur bersama grup travelling di mana kamu merasa kurang nyaman. Berlibur bersama teman-teman sekantor di saat kamu sedang ingin menjauh segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan juga bukan pilihan bijaksana.

Transportasi dan akomodasi juga harus dipertimbangkan sejak awal

Walaupun kamu termasuk traveller yang tak suka ribet, setidaknya kamu harus mempersiapkan rencana yang berkaitan dengan transportasi dan akomodasi di tempat tujuan. Jangan sampai kehabisan tiket atau menginap di tempat yang mengecewakan karena hal ini.

Tak perlu membawa terlalu banyak barang

Sebagian besar barang yang kamu perlukan bisa dibeli di tempat tujuan. Baju seabrek yang kamu bawa pun bakal terpakai sebagian saja. Jadi tidak perlu membawa terlalu banyak barang yang justru menjadikan perjalanan terasa ribet. Belum lagi pegal di pundak yang bisa mengurangi keseruan berlibur.

Jangan lupa sediakan waktu untuk me-time

Kalau kamu bepergian bersama orang lain, biasanya akan ada beberapa aktivitas bersama yang mungkin tidak kamu nikmati. Agar tak kehilangan mood karena hal ini, sediakan me-time untuk diri sendiri. Tak ada salahnya berpamitan untuk jalan-jalan sendiri satu atau dua jam.

Jauhkan diri dari sumber stres sepanjang liburan

Karena tujuanmu berlibur adalah untuk mengatasi stres, jauhkan diri dari sumber stres selama liburan. Entah itu urusan kerja, skripsi, pasangan, atau masalah lainnya. Ada baiknya kamu juga menon-aktifkan paket data smartphone di saat seperti ini.

Itulah beberapa tips untuk menghindari stres saat liburan yang bisa kamu terapkan. Jadikan liburanmu sebagai pengalaman berharga yang terlupakan, bukan sumber stres baru untuk pikiran.(lipo*3/mdc)



Berita Lainnya :
 
  • Terkait Gugatan Lahan SD 006 Tagaraja Kateman, Ini Penjelasan Kadisdik Inhil
  • Bawaslu Riau Evaluasi Pengawasan Pilgubri 2018 Untuk Persiapan Pemilu 2019
  • Sitas Sebut Penyegelan SDN 006 Tagaraja Melanggar Hukum
  • Tingkat Disiplin ASN Rendah, Ini Penegasan Setwan DPRD Kuansing
  • Kalahkan Ronaldo, Messi Cetak 8 Hattrick di Liga Champions
  • Mogok Mengajar Meluas, Pemerintah Harus Respons Guru Honorer
  • Rupiah Kembali Tertekan
  • UNRI Persiapkan Rumah Adat Kenegerian Sentajo Sebagai Destinasi Wisata Budaya
  • Pemuda BNN Diharap Jadi Contoh Generasi Muda Jauhi Narkoba
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index