Minggu, 18 November 2018
Follow:
 
Bupati H.Mursini Buka Festival Pacu Jalur di Tepian Rajo Pangean

Elfi | Travelling
Jumat, 06/07/2018 | 23:33:48 WIB
Bupati Kuantan Singingi Drs.H.Mursini M.Si Resmi Buka Festival Pacu Jalur Tradisional Di Gelanggang Tupian Rajo Kecamatan Pangean Tahun 2018 /LIPO
TERKAIT:

Pangean, LIPO - Bupati Kuantan Singingi Drs.H.Mursini M.Si Resmi Buka Festival Pacu Jalur Tradisional Di Gelanggang Tupian Rajo Kecamatan Pangean Tahun 2018, Jumat (06/07/2018).


Acara Pembukaan Pacu Jalur diKecamatan Pangean ini disambut meriah oleh Panitia Penyelenggara dan masyarakat Pangean. Hal ini dibuktikan dengan antusiasnya masyarakat Pangean pada saat menyambut kedatangan Bupati dan rombongan  yang diawali dengan Lagu Pacu Jalur karya anak negeri Kuansing Harry Toledo dan silat pangean serta ditandai bunyi besar cagak sebagai tanda Festival Paju Jalur Tradisional Pangean akan dimulai.


Bupati Kuansing Drs.H.Mursini dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi menyambut baik dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh laporkan masyarakat Pangean serta Panitia Penyelenggara, atas terlaksananya Festival Pacu Jalur Tradisional Di Gelanggang Tupian Rajo Kecamatan Pangean ini.


"Kita berharap semoga pelaksanaan laju jalur kali ini dapat berjalan lancar, aman dan tertib," Ucap Bupati H.Mursini.


Dikatannya, Pacu Jalur merupakan tradisi budaya turun-menurun masyarakat Kuansing yang berumur seabad lebih. Festival Paju Jalur ini memiliki fungsi kultural, edukatif, ideologis, nilai-nilai solidaritas sosial, kekeluargaan dan rasa cinta tanah air. Nilai-nilai inilah yang harus dijalan dan dibangun secara kokoh dengan menanamkan nilai-nilai kearifan lokal sejak dini kepada generasi muda.


Lanjut dikatakan H.Mursini, "Tradisi Pacu Jalur ini telah masuk kalender kepariwisataan nasional, dan telah memberikan sunbangsih besar bagi pembangunan di sektor pariwisata, maksudnya di Kabupaten Kuansing. Ini harus kita jaga dan pertahankan hingga sekarang, karena pacu jalur merupakan warisan budaya dan nilai-nilai tradisional," tambah H.Mursini.


Terakhir, Bupati H. Mursini juga mengajak kepada kita semua untuk dapat mendukung salah satu event Wisata Kuansing Perahu  Baganduang yang ikut serta kegiatan Anugerah Pesona Indonesia (API) dalam Kategori Atraksi Budaya Terpopuler 2018 dengan cara kirim sms ketika API (spas) 8D ke 99386, terhitung mulai tanggal 05 Juni sampai dengan 31 Oktober 2018.


Turut hadir rombongan Bupati Kuansing menyemarakkan Pacu Jalur Tradisional Pangean Wakil Bupati H.Halim, Sekda H.Dianto Mampanini,SE.MT, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Nasarudin,SH.MH, Forkompinda, Kepala OPD, Para Kabag Setda dan sejumlah Tokoh Masyarakat Pangean. (Lipo*14).




Berita Lainnya :
 
  • BRK Serahkan Asrama Rumah Tahfidz dan 3 RKB SD Sains Tahfizh ke Pemkab Siak
  • Marquez Kecelakaan, Vinales Pole Position di MotoGP Valencia
  • Ini Pesan Ustaz Abdul Somad Soal Makin Maraknya Perilaku LGBT
  • Harimau yang Terperangkap di Kolong Ruko Warga Inhil Berhasil Dievakuasi
  • Usai Dilantik, Pengurus LPM Amulet Unisi Ikuti Diklatsar Jurnalistik
  • Diterjang Angin Ribut, Dua Unit Rumah di Sapat Inhil Rusak Parah
  • Ini Penyampaian Pemkab Kuansing di Hadapan Tokoh Adat Kenegerian Taluk Kuantan
  • Akun Instagram Ahmad Dhani Disita Polisi
  • Peringati Maulid Nabi, Wabup: Terus Jaga Persatuan dan Kesatuan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index