Rabu, 12 Desember 2018
Follow:
 
Periode Januari-Juli, Kunjungan Wisman ke Riau Naik 416,6 Persen

alfi | Travelling
Jumat, 21/09/2018 | 14:14:33 WIB
Pekanbaru, LIPO -  Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Provinsi Riau selama Januari-Juli 2018 mencapai 27.088 orang, dan mengalami kenaikan sekitar 416,6 persen dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Riau di Pekanbaru, Jumat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) naik hingga lebih dari empat kali lipat dibandingkan periode yang sama pada 2017 yang mencapai 5.243 kunjungan.

Kenaikan itu terjadi karena pemerintah mulai menghitung Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai salah satu pintu utama masuknya wisman ke Riau. Tercatat ada 790 kunjungan dari daerah pesisir Riau itu selama Januari-Juli.

Meski begitu, kunjungan wisman paling banyak masih melalui Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II di Kota Pekanbaru, yang tercatat ada 15.529 kunjungan. Kemudian Kota Dumai ada 7.242 kunjungan dan Kabupaten Bengkalis ada 3.527 kunjungan.

Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, sektor pariwisata merupakan harapan baru untuk menggerakan ekonomi Riau yang sudah terlalu lama sangat mengandalkan pendapatan daerah dari sektor minyak dan gas (migas).

Menurut dia, pemerintah daerah harus konsisten untuk mengubah paradigma untuk membangun sektor potensial lainnya karena ke depannya pendapatan dari sumber daya alam seperti Migas akan terus menurun.

Karena itu, seluruh pemangku kebijakan harus berani mengambil langkah-langkah perbaikan dan terobosan untuk mendorong kemajuan sektor pariwisata sebagai pemasukan baru untuk daerah dan masyarakat setempat.

Menurut Wan Thamrin Hasyim, sektor pariwisata dapat diandalkan agar dapat membantu perekonomian dan pembangunan tetap berjalan baik.

"Memang saat ini masalah pendapatan asli daerah menjadi persoalan yang serius bagi Provinsi Riau. Hal ini disebabkan karena faktor Dana Bagi Hasil (DBH) migas ada kecenderungan menurun, meski masih berpluktuatif," katanya.

Melalui sektor pariwisata, Riau memiliki berbagai destinasi yang menarik untuk dipasarkan dan berbagai agenda pariwisata diantaranya, Pacu Jalur, Bakar Tongkang, Tour de Siak dan berbagai lainya.

"Dengan kondisi yang ada ini, bila dikelola lebih baik tentunya akan menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang ke Riau, sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah dan ekonomi masyarakat," kata Wan Thamrin Hasyim.(lipo*3/ant)






Berita Lainnya :
 
  • Banjir di Kampar Kembali Makan Korban Jiwa, Saat Cari Ikan Hanyut Terbawa Arus
  • Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis Nakhodai IKA STIT, STAI dan STAIN
  • Lepas 90 Peserta MTQ, Ini Pesan Bupati Kuansing
  • Basarnas Evakuasi Korban Banjir Yang Mengalami Keguguran
  • Sungai Kampar Meluap, Aktivitas Sejumlah Sekolah Lumpuh
  • KPPBC TMP C Tembilahan Musnahkan Barang Hasil Penindakan 2017-2018 Senilai Rp3 M
  • Inhil Terima Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan dari Ombudsman RI
  • Tingkatkan Silaturahim dan Ukhuwah Islamiyah, IKJR Inhil Laksanakan Maulid Nabi
  • Abdul Wahid Serahkan Bantuan Ambulans dan Alat Fogging ke Puskesmas Kotabaru Seberida
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index