Sabtu, 19 Januari 2019
Follow:
 
Sekda Dianto Mampanini: Panselnas CPNS Sinkronkan Sistem CAT BKN dan UNBK

Elfi | Inderagiri Hilir
Senin, 15/10/2018 | 23:07:04 WIB
JAKARTA, LIPO – Sektetaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuantan Singingi DR. Dianto Mampanini, SE, MT, Senin (15/10/2018) menghadiri rapat perubahan sistem rekrutmen CPNS Tahun 2018 di Jakarta yang di selenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Sekda menjelaskan, Kementerian PANRB telah menetapkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 637 Tahun 2018 tentang Penetapan Instansi yang Menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN dan  CAT UNKB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018. Melalui keputusan tersebut, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS  akan menyinkronkan sistem CAT BKN dan CAT UNBK yang akan dijadikan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018. 

Dari 873 titik lokasi SKD dengan CAT, 237 titik diantaranya milik atau yang diusahakan oleh BKN dan 636 titik merupakan fasilitas UNBK Kemendikbud. 

Menurut penjelasan MenPANRB jelas Sekda Dianto Mampanini, sistem UNBK akan disinkronkan dengan BKN. "Kita sampaikan demikian supaya kita satu pemikiran,” ujar Sekda Dianto menirukan penyampaian Menteri Syafruddin saat membuka Rapat Koordinasi Koordinasi Fasilitasi Sistem CAT dalam Seleksi CPNS Tahun 2018.

Dalam keputusan tersebut, terang Sekda Dianto, ditetapkan instansi pusat dan daerah yang menggunakan sistem CAT, baik CAT yang difasilitasi BKN, maupun CAT yang difasilitasi UNBK Kemdikbud. Instansi yang ditetapkan menggunakan sistem CAT BKN terdiri dari 76 Kementerian/Lembaga dan 293 instansi daerah. Sedangkan, instansi yang menggunakan fasilitas CAT UNBK Kemendikbud terdiri dari 233 instansi.

Meski sudah ada ketetapan, tambah Sekda Dianto, Menteri Syafruddin mengatakan tetap terbuka terhadap masukan dan saran dari instansi daerah maupun pusat. Panselnas akan menampung semua aspirasi dan memberikan pemecahan masalah yang terbaik. 

Lanjut kata Sekda Dianto menyampaikan, MenPANRB Syafrudin mengingatkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan pelayan masyarakat. Karena itu masyarakat harus merasa dimudahkan dengan langkah-langkah yang diambil pemerintah, termasuk dalam masa rekrutmen CPNS. “Semua yang kita lakukan adalah kepentingan bangsa dan negara,” ungkap Sekda Dianto menirukan penyampaian MenPANRB Syafrudin

Rapat ini dihadiri oleh 81 Sekretaris Daerah yang semula daerahnya ditetapkan di fasilitasi CAT UNBK menjadi di fasilitasi CAT BKN. Turut hadir dalam rapat tersebut, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja, dan Deputi Sistem Informasi BKN Iwan Hermanto.(Lipo*14).



Berita Lainnya :
 
  • Jusuf Kalla Ungkap Alasan Pemerintah Bebaskan Abu Bakar Baasyir
  • Penyebar Hoaks Ijazah Jokowi Palsu Ditangkap Polisi
  • Pemkab Kuansing Jajaki Kerjasama dengan Balai Industri Padang
  • Dinilai Tak Memuaskan Publik, KPU Tak Lagi Beri Kisi-kisi pada Debat Pilpres Kedua
  • Hasil Audiensi Pemkab ke Kemenristek Dikti RI, Inhil Akan Dijadikan Kluster Kelapa Nasional
  • PWI Riau Undang Gubri dan Sekdaprov Hadiri HPN 2019 di Surabaya
  • Dampingi Program Maghrib Mengaji, Babinsa Koramil 07/Reteh Ajarkan Ngaji dan Shalat
  • Bhabinkamtibmas Sialang Panjang dan Komunitas Generasi 2000 Berbagi Inhil Bedah Rumah Nenek Asiah
  • Penista Agama Islam di Bengkalis Ditangkap Polisi
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index