Sabtu, 24 08 2019
Follow:
 
Lagi, 23 Titik Panas Terpantau di Riau

beye | Daerah
Jumat, 24/06/2016 | 15:11:17 WIB
Pekanbaru (Lipo)-Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi sebanyak 23 titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) tersebar di Riau, Kamis kemarin.

"23 titik panas yang terpantau satelit Terra dan Aqua pukul 16.00 WIB terdeteksi di tujuh kabupaten di Riau," kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin dilansir Antara.
 
Ia menjelaskan titik panas terbanyak terpantau di Kabupaten Indragiri Hilir dengan 10 titik. Titik panas tersebut terdeteksi di Kecamatan Gaung, Gaung Serka dan Keritang.

Selanjutnya di Pelalawan lima titik, Indragiri Hulu empat titik. Sementara itu, satu titik panas lainnya terpantau di Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi dan Kepulauan Meranti.

Sementara itu, dari 23 titik panas tersebut, lima diantaranya dipastikan sebagai titik api atau berpotensi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen.

Ke lima titik api tersebut terpantau di Indragiri Hulu dua titik, Indragiri Hilir satu titik dan satu titik api lainnya terpantau di Kabupaten Kuantan Singingi.

Keberadaan titik panas maupun titik api di Riau cenderung fluktuatif. Dalam beberapa hari terakhir titik api terpantau nihil sebelum terpantau lima titik hari ini.

Komandan Resor Militer 031/WB Brigjen TNI Nurendi yang juga menjabat sebagai Komandan Satgas Karlahut menyatakan Pemerintah Provinsi Riau sepakat menetapkan untuk memperpanjang status siaga darurat Karlahut yang berakhir hari ini hingga 30 November 2016 mendatang.

Ia menjelaskan bahwa  penetapan status siaga selama lima bulan tersebut tidak berarti tidak mampu menangani bencana kebakaran melainkan meningkatkan upaya prefentif yang telah dilakukan sejak awal 2016 lalu.

Baca Juga: Inilah Tiga Perda Dumai yang Akan Dibatalkan Mendagri

"Status siaga darurat ditetapkan sebagai upaya prefentif yang kita lakukan sejak awal terus maksimal," katanya. (Lipo*2)



Berita Lainnya :
 
  • Tabrak Tronton Parkir di Rohil, 5 Penumpang Bus PMH Meninggal Dunia
  • Lepas Kontingan O2SN Riau ke Semarang dan Aceh, Ini Harapan Gubri Syamsuar
  • Ancam Tembak Kasatpol PP Pekanbaru, Pejabat BNN Ngaku Cuma Bawa Pistol Air
  • Indonesia Pastikan Tiket Final Ganda Putra Kejuaraan Dunia
  • Juara Bertahan Siposan Rimbo dan Limbago Melaju ke Hari Ketiga, Singa Kuantan Tumbang
  • Dinilai Punya Potensi, Sekda Kabupaten Siak Bahas Usaha Ekonomi Kreatif
  • Cak Imin Restui Ade Agus Hartanto Maju di Pilkada Inhu 2020
  • Tinjau Puskesmas Sungai Salak, Wabup SU Harap Pelayanan di Fasyankes Ditingkatkan
  • Peduli Korban Kebakaran, Marlis Syarif dan MPI Bagikan 300 Nasi Bungkus
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index