Rabu, 23 Mei 2018
Follow:
 
RAPP Inisiasi Komitmen Bersama Masyarakat Meranti Cegah Karhutla

beye | Daerah
Selasa, 28/06/2016 | 16:43:39 WIB
Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim menandatangani komitmen Siaga Api saat sosialisasi program Masyarakat Siaga Api, Selasa (28/6)/Ist

TERKAIT:
Meranti (Lipo)-PT.Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) terus berkomitmen untuk bersama-sama pemerintah dan masyarakat melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan mengadakan sosialisasi Program Fire Awareness Community (FAC) di Aula Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Selatpanjang, Selasa (27/6).

Hadir Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, Wakil Kepala Polisi Resort Kabupaten Kep. Meranti, Rudi A. Samosir, Danramil 02/Tebing Tinggi Mayor Arh Bismi Tambunan, forkompimda, serta camat dan lurah se Kabupaten Kep. Meranti.

Selain sosialisasi program, juga dilaksanakan Penandatanganan komitmen bersama dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan oleh Wakil Bupati, Wakapolres, dan Pak Sailal, Kepala Desa, Camat, dan Forkompimda.

Said Hasyim mengatakan pentingnya upaya bersama dalam menghadapi musim kemarau, terutama bagi Kabupaten Kepulauan Meranti yang semua wilayahnya merupakan lahan ghambut. Dengan bersinergi dengan perusahaan, diharapkan seluruh unsur masyarakat mampu mencegah bencana kebakaran.

"Kami sangat mengapresiasi semua langkah yang sudah dilaksanakan oleh RAPP dalam membantu mencegah terjadinya karhutla. Dan kini kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat bersama sama dengan camat, kepala desa, pemerintah, TNI dan POLRI untuk bekerjasama dengan perusahaan dalam mencegah munculnya api wilayah Kepulaun Meranti. Perlu diketahui bahwa kondisi Kepulauan Meranti adalah tanah  gambut sehingga sangat rawan terbakar, " ujar wabub.

Manajer Fire Free Village Program, Sailal Arimi menyampaikan tujuan diadakan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mengajak pemangku kepentingan di Kepulauan Meranti untuk turut serta  dalam pencegahan kebakaran.

"Bersama-sama dengan para pemangku kepentingan, termasuk Bupati, Forkompimda, TNI, POLRI, Camat dan Lurah, kita ajak untuk siaga menghadapi musim kemarau. Selain sosialisasi program Fire Awareness Community (FAC), kami juga menginformasikan program Desa Bebas Api serta informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi (BMKG) Provinsi Riau, " kata Sailal dalam keterangan diterima Liputanoke.com.

Baca Juga: Sambut Musim Kemarau, Tim Fire Fighter RAPP Siaga Penuh

Ia menambahkan, La Nina, atau fenomena di-pole-mode negatif yang berpeluang terjadi pada bulan Juli hingga September berkontribusi menambah tingginya suhu di Provinsi Riau. Meningkatnya suhu ini akan memicu terjadinya karhutla.
        
Sailal menambahkan, setelah melakukan sinergi dengan pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, akan segera dilaksanakan sosialisasi ke masyarakat dari rumah ke rumah dan sekolah-sekolah serta melakukan patroli bersama dengan POLRI dan TNI.
        
"Setelah lebaran, kita bersama-sama juga akan turun langsung ke masyarakat untuk melaksanakan sosialisasi bahayanya membakar lahan dan hutan dan memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah sebagai upaya pencegahan karhutla sejak dini," ujar Sailal

Sebagaimana diketahui, program Masyarakat Siaga Api (FAC) ini merupakan salah satu program terobosan RAPP selain program Desa Bebas Api guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Program FAC ini menyasar puluhan desa di sekitar wilayah operasional perusahaan di Riau.

Melalui program FAC ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya membakar lahan apalagi hutan dan sejalan dengan instruksi Presiden untuk mewujudkan Zero Fire atau Nihil Karhutla di Riau. (Lipo*2)





Berita Lainnya :
 
  • Kapolres Inhil Serahkan Bantuan Korban Kebakaran dan Bagikan Takjil di Desa Pulau Palas
  • Pjs Bupati Inhil Serahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran di Desa Pulau Palas
  • Tokoh Rohil: Insyaallah Ini Pertanda Baik Pasangan LE-Hardianto Ini akan Menang di Rokan Hilir
  • Peringatan Harkitnas di Bengkalis, Sekda: Bersatu Kata Kunci Menggapai Cita-cita
  • Bupati dan Wabup Kuansing Safari Ramadan Perdana di Kecamatan Singingi
  • Akses Jalan Tiga Desa di Cerenti Rusak, Perekonomian Masyarakat Terancam
  • Pembunuh Ardhie Sopir Go Car Lolos dari Tuntutan Hukuman Mati
  • Hari Ini Sekdaprov Riau Jemput Revisi Perda Pajak Pertalite
  • Pengumuman Kelulusan SMP Diundur, Kadisdik Pekanbaru: Diumumkan 25 Mei
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index