Rabu, 23 Mei 2018
Follow:
 
Gegara El Nino, Sinar Mas Sinar Mas Ubah Manajemen Kebakaran

beye | Daerah
Senin, 18/07/2016 | 15:04:12 WIB
SIAK (Lipo)-Asia Pulp and Paper (APP) milik grup Sinar Mas  memutuskan mengubah manajemen kebakaran (fire management) karena merasakan langsung dampak fenomena El Nino pada 2015 lalu.

Fire Management corporate Sinar Mas, Steven Sujoto mengatakan, fenomena El Nino terjadi pada 2015 lalu  membuat pihaknya dirugikan.

"Kita menjadi korban akibat El Nino 2015 dan mulai mengubah banyak hal, termasuk pilar dan landasan kami sebagai landasan dalam fire management dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla)," kata dia kepada wartawan dalam presentasi program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) dan fire management, di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Ahad (17/7).

Dia menambahkan, awalnya fire management yang diterapkan perusahaannya hanya memenuhi ketentuan legal tetapi tidak maksimal. Kemudian setelah terjadinya fenomena El Nino, pihaknya memutuskan melakukan serangkaian langkah transformasi. Diantaranya membentuk departemen fire management dan departemen ini berdiri sendiri.

Selain itu, pihaknya menerapkan strategi fire management yang bertumpu pada dua prinsip. Prinsip pertama yaitu lebih baik mencegah dibandingkan mengobati. Pihaknya kini tengah fokus pencegahan dan persiapan. Caranya, pihaknya menggandeng pemangku kepentingan berbagai instansi pemerintah termasuk aparat hukum.

Sementara untuk strategi persiapan, pihaknya melakukan pelatihan sistem komando insiden, dibentuknya posko pusat koordinasi kebakaran hutan, hingga menggalakkan supaya siaga menunggu arahan.

Prinsip lainnya, api kecil lebih baik dibandingkan api besar. Kemudian, strategi respons cepat dan deteksi dini berhasil diterapkan. Diantaranya patroli lebih ketat, patroli satelit, dibentuknya menara api, pos pantau, hingga alat pemadam kebakaran yang dilengkapi dengan bom air (water bombing).

"Dengan langkah-langkah ini, kami ingin levelnya jangan sampai turun," kata dia dikutip republika.

Pihaknya juga terus mengevaluasi siaga kebakaran seperti apa yang perlu ditingkatkan, apa saja yang kurang. Sinar Mas pun memperkenalkan sistem komando insiden, meningkatkan keahlian, hingga mendatangkan ahli dari luar negeri seperti Kanada.

"Kita juga menambah tangki air, ada water bombing dengan kapasitas 3.500 liter. Kami juga memiliki thermal camera, mendeteksi asap secara cepat dari awal," ujarnya. (Lipo*2/Rol)

Baca Juga: Terkait Horor Sampah, LBH PRADI Akan Gugat Pemko Pekanbaru


Berita Lainnya :
 
  • Kapolres Inhil Serahkan Bantuan Korban Kebakaran dan Bagikan Takjil di Desa Pulau Palas
  • Pjs Bupati Inhil Serahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran di Desa Pulau Palas
  • Tokoh Rohil: Insyaallah Ini Pertanda Baik Pasangan LE-Hardianto Ini akan Menang di Rokan Hilir
  • Peringatan Harkitnas di Bengkalis, Sekda: Bersatu Kata Kunci Menggapai Cita-cita
  • Bupati dan Wabup Kuansing Safari Ramadan Perdana di Kecamatan Singingi
  • Akses Jalan Tiga Desa di Cerenti Rusak, Perekonomian Masyarakat Terancam
  • Pembunuh Ardhie Sopir Go Car Lolos dari Tuntutan Hukuman Mati
  • Hari Ini Sekdaprov Riau Jemput Revisi Perda Pajak Pertalite
  • Pengumuman Kelulusan SMP Diundur, Kadisdik Pekanbaru: Diumumkan 25 Mei
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index