Senin, 20 08 2018
Follow:
 
Kapolres Pastikan Dumai Bebas Vaksin Palsu

beye | Daerah
Selasa, 19/07/2016 | 20:35:40 WIB
Dumai (Lipo)-Kepala Kepolisian Resort Dumai AKBP Donald H Ginting menyatakan bahwa seluruh fasilitas kesehatan sudah dilakukan pemeriksaan dan dipastikan aman atau tidak ada peredaran vaksin palsu di daerah ini.

Pengecekan vaksin palsu dilakukan Polres bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat sebelum Idul Fitri lalu untuk mengantisipasi peredaran antigenik untuk kekebalan tubuh balita tersebut.

"Kita sudah turun dengan dinas kesehatan dan peredaran vaksin palsu tidak ada ditemukan di semua fasilitas kesehatan," kata Donald kepada wartawan, Selasa.

Disebutkan dia, penggunaan vaksin di klinik, balai pengobatan atau fasilitas kesehatan swasa dan pemerintah lain didatangkan langsung dari Kementerian Kesehatan RI, sehingga kecil kemungkinan beredar vaksin palsu.

Pengawasan vaksin palsu ke seluruh faskes di Dumai ini, lanjut dia, untuk mengantisipasi peredaran dan menjawab keresahan masyarakat karena marak ditemukan di sejumlah daerah sejak diungkap oleh Bareskrim beberapa waktu lalu.

"Kebutuhan vaksin untuk balita di Dumai didatangkan langsung dari dinkes dan peredaran palsu nihil di daerah ini," sebutnya dilansir Antara.

Sebelumnya, Kepala Dinkes Dumai Paisal menyebutkan bahwa bayi dan balita di daerah ini tidak ada terpapar vaksin palsu karena semua kebutuhan tidak diadakan sendiri melainkan dikirim dari Kementerian Kesehatan pusat.

Pihak Dinkes juga sudah berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM) Pekanbaru untuk melakukan pengawasan bersama terhadap peredaran vaksin palsu tersebut di rumah sakit dan seluruh fasilitas kesehatan yang ada.

"Vaksin palsu ini tetap diawasi peredaran di Dumai meski tidak ada faskes yang memakai, dan kita bersama BPOM juga sudah berkoordinasi untuk melakukan pengecekan ke lapangan," kata Paisal.

Diketahui, Kemenkes RI resmi mengumumkan terdapat 14 faskes telah menggunakan vaksin palsu dan balita terpapar sudah divaksin ulang, dihadiri langsung Presiden Jokowi dan Ibu Negara Senin kemarin. (Lipo*2)



Berita Lainnya :
 
  • UNRI Beri Pelatihan Pembuatan Makanan Berbahan Baku Ikan di Desa Pulau Cawan
  • KPK Panggil Ketum PPP Terkait Kasus Mafia Anggaran
  • Lestarikan Permainan Tradisional, Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Festival Budaya Gasing
  • MUI: Umat Islam Jangan Ragu Puasa Arafah pada Selasa
  • MUI Pekanbaru Ingatkan Syarat Sembelih Hewan Kurban
  • Hewan Kurban Sehat di Bengkalis Dipasang Label
  • Dishub Bengkalis Optimalkan Pelayanan Sambut Lebaran Idul Adha
  • Ketua DPRD Inhil Sayangkan Tak Berkibarnya Bendera Merah Putih
  • Meriahkan HUT ke-73 RI, Bupati Inhil Apresiasi Berbagai Lomba Yang Digelar DWP
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index