Jum'at, 14 Desember 2018
Follow:
 
Program RER Wujudkan Kembali Fungsi Hutan di Riau

beye | Daerah
Rabu, 20/07/2016 | 18:54:10 WIB
Direktur Konservasi APRIL,Petrus Gunarso menjelaskan Program RER dalam Seminar Nasional Strategi Pemuliaan dalam mengantisipasi Perubahan Iklim Global, Rabu (20/7) di Premiere Hotel.

TERKAIT:
PEKANBARU (Lipo)-Program Restorasi Ekosistem Riau (RER) dipercaya mewujudkan kembali fungsi hutan yang ada di Riau. RER merestorasi seluas 150 ribu hektar hutan yang terdegradasi di Semenanjung Kampar.

Demikian dijelaskan Direktur Konservasi APRIL, Petrus Gunarso dalam Seminar Nasional Strategi Pemuliaan dalam mengantisipasi Perubahan Iklim Global yang diadakan Perhimpunan Ilmu Permuliaan Indonesia (PERIPI) Komda Riau, Rabu (20/7) di Premiere Hotel. 

Untuk program restorasi ini, APRIL mengucurkan dana sebesar 100 juta dollar untuk mengembalikan fungsi hutan.

"RER merupakan upaya dari APRIL untuk menyelamatkan ekosistem hutan. Tugasnya adalah mengembalikan fungsi hutan seperti semula dan itu bukanlah hal yang mudah. Dengan dukungan dari pemerintah, perusahaan dan masyarakat hal tersebut akan terwujud," ujar Petrus.

Cakupan wilayah pengelolaan RER, kata Petrus terus ditingkatkan, dari awalnya 20 ribu ha menjadi 150 ribu ha saat ini. Langkah tersebut merupakan upaya APRIL untuk melestarikan gambut di Semenanjung Kampar sekaligus implementasi komitmen 1:1 .

"Konsep one-to-one menjadi penting karena untuk 1 Ha area hutan tanaman untuk 1 Ha konservasi. Baik dilakukan untuk langkah ke depan untuk menjaga bumi, khususnya hutan," ujarnya.

Program tersebut menurutnya  menurutnya sejalan dengan prinsip 4C APRIL, yakni Good for Community, Good for Country, Good for Climate, dan Good for Company.

"APRIL adalah satu-satunya perusahaan yang melakukan restorasi ekosistem.
Kami memasang kamera trap 225 untuk melihat apa saja yang ada di dalam hutan. Hasilnya kegiatan beberapa jenis satwa dapat terekam," jelasnya.

Ketua Panitia Seminar Nasional Startegi Pemuliaan dalam mengantisipasi Perubahan Iklim Global, Zulfahmi S Hut MSi apresiasi dengan dukungan APRIL sehingga seminar yang dihadiri ratusan peserta dari seluruh Indonesia dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Peroleh Beasiswa, Mahadir Ingin Ubah Kehidupan Keluarga

"Jumlah peserta seminar mencapai 200 orang, jumlah pemakalah 38  orang yang berasal dari berbagai universitas, balai penelitian dan perusahaan swasta nasional membawa 125 makalah yang terbagi atas 116 presentasi dan 9 Poster. Terima kasih APRIL telah mendukung dan berkontribusi terhadap lingkungan," tutupnya. (Lipo*2)





Berita Lainnya :
 
  • Pemkab Inhil Raih Penghargaan Pembina KUR Terbaik 2018
  • Baru 14,7 Persen UMKM Riau Manfaatkan KUR
  • Enam Warga Meninggal Dalam Bencana Banjir Riau
  • Gerakan Anti Hoax Goes to School Isi Masa Libur Al Huda
  • Ingin Sukses, Marlis Syarif Ingatkan Siswa Patuhi dan Hormati Orangtua dan Guru
  • Gelar Seminar dan Talk Show, Fokus Ornop Inhil Datangkan Ketua KY
  • Jelang Kedatangan Jokowi, Pangdam I BB Pimpin Apel Pengamanan
  • Pemkab Kuansing Dukung RSUD Teluk Kuantan Menuju Akreditasi Paripurna
  • Masa Penahanan Lurah Pemeras Warga di Pekanbaru Diperpanjang
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index