Selasa, 16 Oktober 2018
Follow:
 
UNRI Persiapkan Rumah Adat Kenegerian Sentajo Sebagai Destinasi Wisata Budaya

Elfi | Kuantan Singingi
Selasa, 18/09/2018 | 20:38:56 WIB
Tim Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau (UNRI) menggelar tema diskusi terbuka dalam rangka Mempromosikan Desa Cagar Budaya "Koto Sentajo" sebagai destinasi wisata unggulan/LIPO 
TERKAIT:
Sentajo Raya, LIPO - Tim Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau (UNRI) menggelar tema diskusi terbuka dalam rangka Mempromosikan Desa Cagar Budaya "Koto Sentajo" sebagai destinasi wisata unggulan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.

Desa Koto Sentajo merupakan Desa Binaan wisata UNRI sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dan mempromosikan rumah Adat (rumah godang) Kenegerian Sentajo yang ada di Desa Koto Sentajo Kecamatan Sentajo Raya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Ahad kemarin (16/9/2018) dirumah Godang Suku Patopang yang dibuka Kepala Desa Koto Sentajo dan dihadiri para perangkat desa, masyakarat serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Ketua Tim Pengabdian Desa Binaan wisata UNRI Yohannes Futsal ST,MT,Ph.D mengungkapkan, Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dari program Desa Binaan wisata yang kami laksanakan dan akan berkelanjutan pada tahun - tahun berikutnya.

Tim menilai keanekaragaman suku yang dibuktikan dengan keberadaan 27 rumah adat dalam satu kawasan di desa Koto Sentajo ini menjadi nilai yang unik dan menarik untuk kita kembangkan menjadi destinasi wisata budaya. Selain lingkungan yang alami dan keberadaan masyarakat yang ramah. Dengan even Pacu Jalur Iven Nasional di teluk kuantan diharapkan wisatawan jugan dapat untuk mengunjungi kawasan Rumah Adat yang bersejarah ini.

Yohannes juga memaparkan strategi awal yang perlu dilaksanakan dalam melakukan pengembangan pariwisata di Desa Koto Sentajo diantaranya, mulai dari buku wisata yang berisi refensi terkait objek wisata yang dikunjungi hingga makanan khas daerah sehingga mempermudah para wisatawan nantinya papar Yohannes.

Sementara itu Andri Sulistyani,SS,M.Sc Dosen Agen Perjalanan Wisata Pariwisata UNRI menuturkan, Untuk tahap selanjutnya, kita akan mempersiapkan paket wisata Budaya Desa Koto Sentajo yang kemudian dipromosikan melalui media.

Disamping itu, diharapkan ada kesadaran masyarakat untuk aktif dalam mempromosikan wisata Koto Sentajo dan tiap masyarakat dituntut siap menjadi tour guide bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke desa wisata ini. Begitu juga diharapkan masyarakat selalu menjaga kebersihan, mulai melaksanakan program Sapta pesona dan mempromosikan Rumah Adat ke dunia Internasional. Tim juga berharap perlunya referensi sejarah rumah adat (rumah godang) Kenegerian Sentajo ini tutup Andry.

Kades Koto Sentajo Heprianto mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk kerjasama dengan pihak universitas Riau (UNRI), Beliau menyampaikan bahwa kedatangan para praktisi dan akademisi telah lama dinantikan untuk dapat menyampaikan potensi Wisata yang ada di Koto Sentajo secara kepada masyarakat luas terutama dengan keberadaan rumah adat Kenegerian Sentajo.

Lanjut dikatakannya, terkait dengan perlunya referensi sejarah rumah adat (rumah godang) Kenegerian Sentajo kami pihak Pemerintahan desa akan secepatnya membukukan sejarah ataupun fungsi rumah adat Kenegerian Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi ini. Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini akan membuat kemajuan terhadap potensi Wisata yang ada di Kenegerian Sentajo ini tutup Heprianto.

Kegiatan ini juga dihadiri Gun Faisal ST,M.Sc Dosen Arsitektur, Chelsy Yesicha S.Sos, M.I. Kom Dosen Ilmu Komunikasi, Genny Gustina Sari M.Si M.I Kom Dosen Ilmu Komunikasi dan NS.Safri M.Kep, MB Dosen Ilmu Keperawatan.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemasangan papan nama nama rumah godang suku Patopang secara simbolis dan penyerahan 27 papan nama rumah godang dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UNRI kepada Kepala Desa Koto Sentajo.(Lipo*14).



Berita Lainnya :
 
  • Ketua DPD dan Panitia Deklarasi Projo Penuhi Undangan Bawaslu Riau
  • Diam-Diam Atiqah Hasiholan Jenguk Ratna Sarumpaet
  • Coba Hal Baru, Isyana Sarasvati Perankan Main Film dengan Karakter Aneh
  • Hari Ini, Tim Pusat Mengevaluasi Persiapan Embarkasi Haji Antara Di Riau
  • HM Wardan Harapkan Prestasi Gemilang Qari dan Qariah Inhil di Ajang MTQ Riau Mendatang
  • Sekda Dianto Mampanini: Panselnas CPNS Sinkronkan Sistem CAT BKN dan UNBK
  • Polres Kuansing Amankan Tiga Tersangka Terkait Pembunuhan Anak di Kuantan Hilir
  • 79 Kepala Sekolah Dilantik, Ini Pesan Plt Gubri
  • 15 Hingga 21 Oktober, PLN Lakukan Pemadaman Bergilir di Tembilahan dan Sekitarnya
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index