Rabu, 24 Juli 2019
Follow:
 
NIG Ekpose Aplikasi Digital Desa Pintar, Bupati Berharap Aplikasi Ini Terintegrasi dengan Pemkab

alfi | Kuantan Singingi
Sabtu, 15/06/2019 | 21:07:53 WIB
Telukkuantan, LIPO - Nikola Indonesia Grup (IGD) pada Jumat (14/6/2019) menggelar ekpose sebuah aplikasi digital yang di tawarkan kepada pemerintah desa yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi,  di ruang Multi Media Kantor Bupati Kuantan Singingi.

Menurut Realase Humas Pemkab Kuansing Sabtu (15/6/2019) Untuk diketahui NIG adalah sebuah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pengembangan aplikasi dan solusi digital. Salah satu visi mereka adalah membantu desa lewat sistem administrasi digital,  pengembangan IT BUMDes dan pendampingan BUMDes.

Hadir dalam ekpose tersebut Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si yang di dampingi oleh Asisten I Muhjelan, Asisten III DR. Agus Mandar dan Plt Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs Nafisman serta Para Camat beserta Forum Kades Kabupaten Kuantan Singingi dan Forum Kades Kecamatan.

CEO NIG  Grup Muhammad Pailus memaparkan, kegiatan ini diselenggarakan DISOSPMD dan Nikola Indonesia Grup didukung Pemkab Kuantan singingi. Dirinya berharap
dengan adanya program ini, desa-desa yang ada di Kuansing semakin terbuka wawasannya dengan digitalisasi guna mempercepat dan meningkatkan pelayanan publik.

"Nantinya yang melaksanakan kegiatan tersebut adalah desa sebagai pelaksana, dan Pemda yang membantu lewat regulasi," terang putra kelahiran Talontam Benai itu seraya menambahkan bahwa NIG sudah membangun desa pintar dengan pilot project pertama yaitu Desa Ponggok, kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, menjadi desa terbaik se Indonesia yang PAD-nya 2016 mencapai 16 Miliyar.

Ekspose yang di samapaikan NIG ini direspon baik Pemkab Kuansing. Sebab, sejalan dengan itu Pemkab  Kuansing juga memiliki visi Smart, sebelumnya sudah pula ditandatangani  Memorandum of Understanding (MoU) dengan Walikota Bandung H Oded Muhammad Danial, SAP pada 13 Maret 2019 yang lalu, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sebagaimana di atur dalam Kepres nomor 95 tahun 2018.

“Saya berkeinginan Aplikasi IGF ini terintegrasi dengan Pemerintah Kabupaten Kuansing sehingga bisa meningkatkan pelayanan publik yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel," ujar Bupati Kuansing Mursini.

Mursini berharap, akan ada pemerintahan desa yang berani tampil beda dengan mengedepankan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dikesempatan yang sama Plt. Kadis DISOSPMD Nafisman mengatakan, penggunaan aplikasi berbasis digital sebagai mana yang dijelaskan NIG tersebut dirasa sangat penting, karena kedepan semua layanan pemerintahan akan berbasis data digital.

Namun itu kata dia terpulang kepada pemerintahan desa sebagai user aplikasi tersebut. "Kalau desa ingin punya keunggulan yang lebih dari desa lainnya, maka desa perlu ada inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan seperti pelayanan berbasis digital ini," paparnya.

Untuk diketahui seluruh desa di Kecamatan Singingi Hilir sudah melakukan kontrak kerja dengan penyedia aplikasi sejenis, direncanakan launching tanggal  20 Juni mendatang. Begitu juga dengan Desa Talontam Kecamatan Benai juga sudah kontrak dengan NIG.

Sementara saat di tanyakan apakah aplikasi NIG tersebut sama dengan Icon Plus yang perna kerjasama dengan pemerintahan desa beberapa tahun terakhir? Nafisman menjelaskan terdapat perbedaan. "Nikola adalah penyedia aplikasi pelayanan/penyelenggaraan pemerintahan desa, sedangkan icon+ adalah penyedia jaringan internet," paparnya.(Lipo*14).





Berita Lainnya :
 
  • 2 Karyawan dengan PT Sumber Kencana Inhu Akhirnya Tempuh Jalan Mediasi
  • Pelda Samsuir Bersama Forkopimcam dan Masyarakat Kateman Goro Bersihkan Parit
  • Pilkades Serentak di Inhu Tahun 2019, ini Nama-nama Desanya
  • Golkar Suara Terbanyak, Ini Kreteria Ketua DPRD Inhu
  • Bupati Inhil Lepas 119 JCH Kloter 20 Menuju Embarkasi Antara Riau di Pekanbaru
  • Bupati Inhil Kunjungi Kantor Pengadilan Negeri Tembilahan
  • Hari Bhakti Adhyaksa ke-59, Bupati Inhil : Kejaksaan Telah Berjalan Idealis
  • Kajati: 21 Koruptor di Riau Masih Diburu
  • Bahas Anggaran Pilkada 2020, Bawaslu Riau Kunker ke Kuansing
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index