Rabu, 24 Juli 2019
Follow:
 
Aroma Tak Sedap Resahkan Warga Desa Sialang Jaya
Limbah PT PAS Diduga Aliri Kanal Perkebunan Milik Warga

Elfi | Daerah
Senin, 08/07/2019 | 18:31:05 WIB
Rengat, LIPO - Limbah PT Persada Agro Sawita (PAS) beralamatkan Desa Pematang Jaya, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu diduga cemari kawasan kanal lahan perkebunan milik warga Desa Sialang Jaya Kecamatan Pasir Penyu. 

Selain diduga mencemari kanal perkebunan milik warga, limbah tersebut juga diperkirakan mengalir ke arah Sungai Indragiri. Limbah tersebut bisa jadi tidak berbahaya, namun ketika hujan turun bau tak sedap sangat tercium dan air kanal menjadi hitam pekat.

"ikan dalam kanal pernah mati dan warga yang sempat mandi dalam kanal usai manen sawit gatal-gatal," ucap Rohman Hidayat Perangkat Desa Sialang Jaya. 

"kanal ini mengaliri arah ke sungai Indragiri, secara otomatis limbah tersebut langsung mengalir ke Sungai," kata nya lagi

Rohman Hidayat sebagai perangkat desa berharap, Kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indragiri Hulu segera memangil pihak perusahaan dan apabila terbukti ada pencemaran, agar menindak dengan tegas, sehingga  warga tidak dijadikan pelengkap derita perusahaan, serta diharapkan perusahaan juga bisa memberikan kontribusi ke Desa Sialang Jaya.

"lahan kami ini posisinya di belakang PT PAS, tapi sedikitpun pihak perusahaan tidak pernah memberikan kontribusinya ke pihak Desa, dan seolah kami dipandang sebelah mata, sedangkan limbahnya kalau hujan turun menyebarkan aroma yang tak sedap di cium," ucapnya lagi dengan nada kesal. 

Namun disisi lain, menurut KTU PT PAS Nasib Sinaga saat di konfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan, pihak perusahaan  tidak pernah membuang limbah ke kanal perkebunan milik warga, semua pembuangan sudah di lakukan dengan sesuai prosedur yang ada. Bahkan perusahaan setiap bulannya melaporkan limbah tersebut ke pihak lembaga terkait dan sudah melakukan setandar pengolahan limbah secara prosedur.

Jika ada limbah dari perusahaan mengalir ke kanal perkebunan milik warga pihak perusahaan tidak mengetahui. 

"terkait limbah di lapangan saya tidak mengetahui namun secara prosedur kita sudah sesuai, nanti kita cek lagi pak," katanya. 

Disisi lain Dinas DLH Kab.Inhu, melalui Indra T, tidak mengetahui adanya dugaan limbah yang mencemari lingkungan kanal perkebunan milik warga, karena tidak ada laporan. Indra T berharap, jika ada limbah tolong buat laporan dan pihak Dinas akan menanggapi serta akan turun cek langsung ke lokasi. 

"buat laporan dan kami akan langsung tanggapi," kata Indra T saat di konfirmasi. (lipo,*15)



Berita Lainnya :
 
  • 2 Karyawan dengan PT Sumber Kencana Inhu Akhirnya Tempuh Jalan Mediasi
  • Pelda Samsuir Bersama Forkopimcam dan Masyarakat Kateman Goro Bersihkan Parit
  • Pilkades Serentak di Inhu Tahun 2019, ini Nama-nama Desanya
  • Golkar Suara Terbanyak, Ini Kreteria Ketua DPRD Inhu
  • Bupati Inhil Lepas 119 JCH Kloter 20 Menuju Embarkasi Antara Riau di Pekanbaru
  • Bupati Inhil Kunjungi Kantor Pengadilan Negeri Tembilahan
  • Hari Bhakti Adhyaksa ke-59, Bupati Inhil : Kejaksaan Telah Berjalan Idealis
  • Kajati: 21 Koruptor di Riau Masih Diburu
  • Bahas Anggaran Pilkada 2020, Bawaslu Riau Kunker ke Kuansing
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index