Sabtu, 14 Desember 2019
Follow:
 
Pemprov Riau Serahkan Bankeu, Syamsuar: Untuk Operasional Camat

elpi | Daerah
Minggu, 17/11/2019 | 06:02:24 WIB
KAMPAR, LIPO - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, dana bantuan keuangan khusus untuk desa yang bersumber dari APBD perubahan tahun 2019 diperuntukkan bagi pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Tak hanya dana untuk desa, Pemprov Riau juga mengalokasikan dana untuk kecamatan. Syamsuar menyebut, bankeu khusus kecamatan diperuntukkan bagi kebutuhan operasional camat.

"Mereka kan perlu beli minyak juga, kalau misalnya camat tak ada duit jangan banyak perintah saja, nanti akhirnya melakukan pungli, keluarkan izin ini minta sekian, akhirnya ditangkap polisi. Nah, dana ini kita sediakan sekaligus untuk mencegah korupsi, untuk mencegah pungutan liar, sehingga camat juga ada uang yang digunakan untuk kebutuhan sesuai tugas dan tanggung jawab camat," jelas Syamsuar saat konferensi pers usai penyerahkan Bantuan Keuangan Khusus secara simbolis untuk 1.591 desa dan 166 kecamatan, akhir pekan lalu di Hotel Labersa, Siak Hulu, Kampar.

Arahan Menteri Dalam Negeri tentang bantuan keuangan dari pemerintah pusat maupun provinsi hanya untuk desa dan kelurahan. Namun, kata Syamsuar, pemerintah pusat belum memberikan anggaran untuk camat, padahal camat juga membutuhkan dana untuk operasional sehari-hari.

"Alhamdulillah sekarang Riau ke hulu, belum Pak Menteri ngomong, Riau sudah mendahului, karena saya pernah jadi camat, jadi saya tahu bagaimana susahnya jadi camat," kata dia.

Syamsuar menyebutkan, bantuan keuangan yang disedikan untuk kecamatan besarannya berbeda-beda, tergantung besaran APBD kabupaten/kota.

Selain itu, mantan Bupati Siak ini juga mengaku intens menjalin komunikasi dengan para camat melalui grup WhatsApp camat se-Riau. Melalui grup WA tersebut, Syamsuar bisa memperoleh informasi mengenai perkembangan pembangunan di kecamatan-kecamatan.

"Saya kan ada grup WA dengan camat, saya bisa perintah camat, maka kalau ada perintah dari saya, camat langsung melaksanakan karena sudah disediakan duit. Malu lah dia kalau tak mengerjakan. Sebelumnya kita tak pernah tahu laporan camat, paling-paling laporan dari bupati. Jadi ini salah satu misi saya agar Riau ini maju, kalau tidak kapan Riau ini bisa maju," pungkas Syamsuar.(lipo*3/rmc)






Berita Lainnya :
 
  • Normasyah Tawarkan Peningkatan Mutu Pendidikan untuk Menjawab Tantangan Four Point Zero
  • PKB Jadikan Hasil Survey Tentukan Arah Dukungan di Pilkada 2020
  • Hasil Seleksi Administrasi CPNS Pekanbaru Diumumkan Senin
  • BBKSDA Riau Pasang Kamera Trap di Lokasi Jejak Harimau
  • Disdik Riau Dukung Program Merdeka Belajar dari Kemendikbud
  • Diserahkan Wagubri, 55 Atlet Popnas Berprestasi Terima Penghargaan dari Pemprov Riau
  • Ternyata Pertamina Punya 142 Anak dan Cucu Perusahaan
  • Siap Maju di Pilkada Siak, Husni Merza Mendaftar ke PAN
  • Di Jumat Barokah, Husni Merza Kembalikan Formulir ke PAN Siak
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index