Senin, 20 Mei 2019
Follow:
 
Enam Partai Baru Daftar ke Kemenkumham

beye | Politik
Selasa, 24/05/2016 | 17:57:07 WIB
JAKARTA (Lipo)-Kementerian Hukum dan HAM meresmikan pembukaan pendaftaran partai politik baru menjadi badan hukum sekaligus dimulainya verifikasi parpol oleh Kementerian Hukum dan HAM jelang pemilu serentak 2019. Pendaftaran parpol menjadi badan hukum oleh Kemenkumham dibuka mulai tanggal 24 Mei sampai 29 Juli 2016.

"Ada enam parpol yang saat ini telah menyampaikan permohonan," kata Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Tehna Bana Sitepu, Selasa (24/5).

Enam partai baru tersebut adalah Partai Rakyat, Partai Pribumi, Partai Idaman, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Indonesia Kerja, dan Partai Beringin Karya.

Dokumen-dokumen yang wajib diserahkan oleh parpol baru antara lain akta pembentukan parpol, kepengurusan parpol, surat keterangan Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri (Kesbangpol), surat domisili kantor, dan syarat minimal kepengurusan. Pengumuman kelolosan partai politik baru menjadi badan hukum akan disampaikan pada Oktober 2016.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meminta Kementerian Hukum dan HAM menggencarkan komunikasi dan sosialisasi ke instansi daerah terkait pendaftaran partai politik baru menjadi badan hukum.

Ketua Umum DPP PSI Grace Natalie mengatakan pelaporan surat keterangan domisili dan surat keterangan terdaftar di tingkat kecamatan sebagai syarat pendaftaran menjadi badan hukum masih menjadi masalah.

"DPC harus melaporkan surat keterangan domisili dan surat keterangan terdaftar di kecamatan, dan itu masih menjadi masalah karena sosialisasi dari Kemenkumham yang belum masif," kata Grace ketika ditemui di Kemenkumham.

PSI meminta Kemenkumham agar lebih mengkomunikasikan terkait syarat dokumen eksternal yang melibatkan instansi lain bagi partai baru.

"Kami minta tolong agar dokumen eksternal yang melibatkan instansi lain bagi partai baru, terkait surat keterangan domisili dan surat keterangan terdaftar, belum keluar karena komunikasi belum berjalan baik," kata Grace dikutip Antara. (Lipo*2/Rol)




Berita Lainnya :
 
  • Polisi Tetapkan Lieus Sungkharisma Tersangka
  • ASN Pemprov Riau Dilarang Ikut Aksi Demo 22 Mei di Jakarta
  • Raih 11 Kursi Golkar Kembali Rebut Ketua DPRD Riau 2019-2024
  • Irup HKN ke-111, Wabup Inhil Ajak Aparatur Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan Masyarakat
  • Pansus Ranperda Transportasi Haji DPRD Bengkalis Stuban ke Provinsi Jambi
  • Persiapan Arus Mudik, Dishub Bengkalis Siapkan Lima Armada Ro-Ro
  • Kembali Lolos ke Senayan, Jon Erizal Raih Suara Tertinggi di Riau
  • Wabup SU Ingatkan Puskesmas Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat
  • IKA SMANSA Tembilahan Hulu Bagi-bagi Takjil Selama Ramadan 1440 H
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index